Kompas.com - 07/05/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebijakan one way arus balik Lebaran resmi dilakukan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas Polri) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, penerapan one way saat ini sudah sesuai dengan apa yang disampaikan sebelumnya.

"Sesuai dengan jadwal, hari ini kita akan meneruskan untuk antisipasi puncak arus balik pada 6-8 Mei 2022 yang sering saya sampaikan. Besar harapan seluruh masyarakat bisa memanfaatkan jadwal ini, hari ini, besok, dan lusa," ujar Firman, disitat dari laman resmi Korlantas Polri, Jumat (6/5/2022).

Baca juga: Simak Jadwal, Lokasi One Way dan Ganjil Genap Hari Ini


Dengan adanya one way di Jalan Tol Trans-Jawa, Firman menyarankan masyarakat yang terdampak agar memilih menggunakan jalan alternatif saat sore dan atau malam hari, dan tak menunggu di gerbang tol.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena Firman menjelaskan ada kemungkinan rekayasa lalu lintas one way arus balik diberlakukan penuh selama 24 jam.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

"Bisa saja pelaksanaan one way kami laksanakan terus 24 jam sampai dengan hari Minggu (8/5/2022). Jadi kami informasikan supaya masyarakat jangan menunggu di depan pintu tol, lebih baik dengarkan jadwal-jadwalnya, semoga landai kita akan berikan relaksasi satu lajur, bisa saja," katanya.

Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

"Silakan manfaatkan waktu sore atau malam hari di mana masyarakat lokal mulai istirahat, jalan agak lengang. Jadi tidak menggantungkan atau menunggu di pintu pintu tol yang sementara sedang kami gunakan sebagai penerapan one way," ujar Firman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.