Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area Km 125 Tol Purbaleunyi

Kompas.com - 07/05/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Cimahi AKP Sudirianto menjelaskan bahwa polisi melakukan buka tutup rest area Km 125 pada Jumat (6/5/2022) untuk melihat kapasitas rest area tersebut.

Penutupan rest area dilakukan selama 25 menit, dengan tujuan untuk menghindari kemacetan di Km 125 Tol Purbaleunyi.

Selain itu, penutupan juga dilakukan karena sudah ada banyak pengunjung yang berada di rest area Km 125 untuk mengisi bahan bakar.

Baca juga: 2.945 Kecelakaan Lalu Lintas Terjadi Saat Arus Mudik 2022

"Dapat kami laporkan, untuk situasi arus balik di dalam tol Km 125. Sekitar pukul 15.00 tadi kami lakukan penutupan," ucap Sudir seperti dikutip Kompas Regional, Jumat (6/5/2022).

Namun, area parkir di rest area Km 125 masih bisa menampung kendaraan pemudik yang ingin beristirahat atau berkunjunga ke rumah makan. Sudir mengatakan, untuk lahan parkir masih memadai kurang lebih 70 persen yang sudah terisi.

Jika beroperasi secara penuh, Sudir menjelaskan rest area Km 125 bisa menampung sebanyak 260 kendaraan pemudik, baik kendaraan kecil maupun kendaraan besar seperti bus angkutan umum.

PT Jasamarga Related Business (JMRB)  berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.Jasa Marga PT Jasamarga Related Business (JMRB) berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka-tutup pada saat pelaksanaan arus balik. Penerapan rekayasa buka-tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

"Area parkir di sini cukup luas, rest area ini bisa menampung 300 kendaraan kecil dan 60 kendaraan besar," ucap Sudir.

Sebagai informasi, arus balik pemudik di ruas Tol Purbaleunyi terpantau mulai padat, terlihat dari jumlah kendadraan yang memenuhi rest area Km 125 pada Jumat (6/5/2022).

Sedangkan arus lalu lintas dari arah Priangan Timur menuju Jakarta masih tampak lancar; belum ada antrean yang menyebabkan kemacetan di ruas Kilometer 125.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.