Kompas.com - 07/05/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki arus balik Lebaran 2022, banyak pemudik yang diprediksi akan kembali melalui Tol Trans-Jawa.

Pada mudik tahun ini, hingga H-1 Lebaran PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat ada 1,7 juta unit kendaraan yang meninggalkan Jabotabek menuju tiga arah yaitu Tol Trans-Jawa, Merak, dan Puncak.

Perlu diingat, pembayaran tol saat ini sudah tidak bisa menggunakan uang tunai, tapi menggunakan kartu uang elektronik atau e-toll. Pemudik perlu menyiapkan kartu e-toll dengan saldo yang mencukupi untuk pembayaran di setiap gerbang tol.

Baca juga: Pemudik Jangan Pakai 2 Kartu E-toll Berbeda di Tol Trans-Jawa

Saldo yang tidak mencukupi, dapat menghambat perjalanan dan juga arus kendaraan yang akan melintas melalui gerbang tol terkait. Sehingga, penting bagi pengemudi untuk memastikan saldo kartu e-toll cukup sesuai dengan tarif untuk rute yang dituju.

Untuk pembayaran, ada beberapa jenis kartu uang elektronik yang bisa dipakai untuk melewati ruas Tol Trans-Jawa. Namun, tidak semua kartu elektronik bisa dipakai.

Marketing & Communication Department Head Jasamarga Transjawa Toll Road Regional Division mengatakan bahwa ada empat kartu uang elektronik yang bisa digunakan.

Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATMANTARA FOTO/M Agung Rajasa Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATM

"Untuk kartu tol yang dapat digunakan seperti dari Bank Mandiri (e-Money), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz)," ucap Tody kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan kartu lain seperti JakCard dari Bank DKI, merupakan e-toll yang hanya bisa dipakai di beberapa ruas tol wilayah Jabodetabek seperti Tol Dalam Kota, Sedyatmo, Jorr, dan Pondok Aren.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

"Selain ruas tersebut, JakCard juga telah dapat digunakan di ruas Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) dan ruas Jagorawi. Selain itu belum bisa," ucap Irra Susiyanti, Marketing & Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Berikut ini daftar kartu elektronik yang bisa dipakai untuk pembayaran di Tol Trans-Jawa:

  1. e-Money (Mandiri)
  2. Tap Cash (BNI)
  3. Brizzi (BRI)
  4. Flazz (BCA)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.