Jurus Pengendara Motor agar Tidak Cepat Lelah Saat Terjebak Macet

Kompas.com - 06/05/2022, 10:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Musim libur Lebaran menjadi momen banyak orang untuk bersilaturahmi ke berbagai sanak saudara. Sepeda motor menjadi salah satu transportasi yang digunakan untuk mudik terutama saat berjarak dekat.

Berbeda dengan kendaraan roda empat, motor lebih leluasa untuk menyalip kendaraan lain saat lalu lintas tengah padat. Mengendarai motor dinilai lebih efisien karena mudah melewati jalan macet dengan mudah.

Baca juga: Update Harga Aki Sepeda Motor per Mei 2022

Meskipun, mengendarai motor tidak terlepas dari bahaya keselamatan saat berkendara. Pengendara motor mudah dilanda rasa lelah saat melewati macet parah.

Saat pengemudi motor dilanda rasa lelah, kondisi ini akan membahaya keselamatan saat berkendara.

Agar silaturahmi lebih nyaman menggunakan motor, Kepala instruktur safety riding Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani memberikan tips agar pengendara motor tidak mudah lelah ketika berkendara di kemacetan.

Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Pengendara sepeda motor memadati jalur mudik motor di jalan raya Kalimalang, Jakarta, Kamis (27/4/2022). Pada H-4 Lebaran 2022 jalan raya Kalimalang mulai dipadati pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah.

“Tips pertama yaitu dengan melakukan pemanasan sebelum mengendarai motor. Melakukan pemanasan dapat melancarkan aliran oksigen ke otak sehingga tidak mengantuk dan lebih konsentrasi ketika mengendarai motor,” kata Agus pada Kompas.com.

Melakukan pemanasan ringan akan melancarkan aliran darah sehingga suplai oksigen ke otak menjadi maksimal. Selanjutnya memastikan tujuh poin postur tubuh berada di posisi nyaman saat berkendara.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Volume Kendaraan di Tol Japek Meningkat

Postur tubuh yang dimaksud adalah mata, pundak, siku tangan, tangan, pinggul, lutut, dan kaki. Posisi yang nyaman ketika berkendara akan mengurangi rasa lelah ketika terjebak di kemacetan.

“Dengan memperhatikan tujuh poin berkendara tersebut maka kita akan lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat berkendara menggunakan motor,” ujar Agus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.