Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Menggunakan Basis Sama, Ini Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga | Hyundai Diam-diam Luncurkan Santa Fe CKD, Fitur Berkurang Harga Sama

Kompas.com - 03/05/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Dua mobil Suzuki, yakni XL7 dan Ertiga, sukses mengantar perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022. Dimulai dari 0 kilometer (Km) Tol Jakarta-Cikampek hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Baik XL7 maupun Ertiga menggunakan basis yang serupa, meski sebenarnya keduanya mobil ini berada di segmen yang berbeda. XL7 merupakan Low Sport Utility Vehicle (LSUV), sementara Ertiha berada di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV).

Kedua mobil ini menggunakan sasis bernama Heartect. Teknologi ini memungkinkan bobot rangka mobil bisa lebih ringan sekitar 10 persen dibanding sasis standar dengan dimensi yang sama.

Selain itu, Hyundai Motors Indonesia melakukan pembaruan pada produknya yang bermain di segmen SUV medium yakni Santa Fe. Hyundai sebenarnya tidak melakukan peluncuran yang besar-besaran soal pembaruan tersebut.

Informasi yang redaksi terima pun dari salah satu sales Hyundai di kawasan Jakarta Selatan. Informasi terbaru dari Hyundai Santa Fe ini adalah produksinya yang kini sudah dirakit di Indonesia atau CKD. Sebelumnya, Hyundai Santa Fe masih diimpor secara utuh atau CBU dari Korea Selatan.

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 1 Mei 2022 :


1. Menggunakan Basis Sama, Ini Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

Suzuki XL7 dan ErtigaKompas.com/ApridaMegaNanda Suzuki XL7 dan Ertiga

Meski begitu, ternyata keduanya memiliki perbedaan dari segi teknis. Dony Saputra 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales mengatakan, secara detail, kedua mobil ini memiliki 211 komponen yang berbeda.

“Sebagai contoh, walaupun secara kasat mata tidak terlihat, tapi desain tangki bahan bakarnya berbeda,” ucap Dony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Menggunakan Basis Sama, Ini Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

2. Hyundai Diam-diam Luncurkan Santa Fe CKD, Fitur Berkurang Harga Sama

Test Drive Hyundai Santa FeKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Test Drive Hyundai Santa Fe

"Ini enggak ada launching, hanya ada perubahan saja di bulan ini," ucap pramuniaga Hyundai kepada Kompas.com, Minggu (1/5/2022).

Tidak ada ubahan yang dilakukan pada bagian eksterior Hyundai Santa Fe. Ubahannya lebih mengarah ke sektor mesin serta fitur yang ada di kabinnya.

"Mesin saat ini yang CKD berubah dari Euro 2 ke Euro 4," ucapnya.

Baca juga: Hyundai Diam-diam Luncurkan Santa Fe CKD, Fitur Berkurang Harga Sama

3. Marquez Dibantu Miller Saat Kualifikasi, Ducati Sindir Honda

Strategi Marc Marquez slipstreaming pada Jack MIller saat MotoGP Spanyol 2022Dok. MotoGP Strategi Marc Marquez slipstreaming pada Jack MIller saat MotoGP Spanyol 2022

Marc Marquez berhasil dapat posisi start di urutan kelima. Catatan waktunya membaik berkat bantuan dari Jack Miller.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com