Kompas.com - 29/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Terhubungnya ruas Tol Trans-Jawa dari Merak sampai Probolinggo membuat waktu pemudik yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lebih efisien.

Tak heran jika ruas tol ini menjadi salah satu jalan yang digemari oleh para pemudik.

Hal ini bisa dilihat dari tingginya volume kendaraan yang terus meningkat melintasi Tol Jakarta-Cikampek jelang Lebaran.

Bagi pemudik yang akan melintasi ruas tol yang memiliki panjang sekitar 900 kilometer tersebut, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan tak boleh diabaikan. Terlebih bila baru pertama kali melintasinya.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, rata-rata ruas tol Trans-Jawa didominasi oleh lintasan lurus yang permukananya beragam.

Baca juga: Bengkel Resmi Suzuki Jabodetabek yang Buka di Hari Lebaran 2022

Setidaknya ada empat hal yang perlu diwaspadai, yakni:

  • Kecepatan tinggi

Pengemudi jangan terlena dengan ruas jalan yang terlihat mulus dan panjang sehingga terus menerus menekan pedal gas tanpa memperhatikan kecepatan yang aman. Atur kecepatan yang bijak dan sesuai dengan aruran yang berlaku.

“Tak sedikit pengendara yang ingin cepat sampai dan menghiraukan kecepatan kendaraannya, apalagi lintasan lurus di tol itu (Trans-Jawa) emmang cukup banyak,” ucap Jusri, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kebanyakan pengemudi lupa mengontrol diri sehingga sifatnya darurat. Mobil pada kecepatan tinggi sangatlah berisiko.

Ketika tim Merapah Trans-Jawa 2022 dari Jakarta hingga Semarang masih menemui beberapa ruas jalan yang terlihat mulus padahal sangat bergelombang. Kondisi ini akan sangat berbahaya jika melajukan mobil pada kecepatan tinggi, apalagi di malam hari.

Merapah Trans JawaKompas.com/ApridaMegaNanda Merapah Trans Jawa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.