PO Makmur Rilis 4 Bus Baru Premium dari Karoseri Laksana

Kompas.com - 29/04/2022, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Makmur menambah empat unit bus baru menjelang lebaran 2022. Tidak tanggung-tanggung, keempat bus tersebut menggunakan sasis premium tronton.

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, bus baru tersebut menggunakan sasis Scania K410iB dan dipasang ke bodi Legacy SR2 XHD Prime.

Artinya, bodi tersebut punya tinggi sekitar 3,9 meter dan panjang 13,5 meter. Hasilnya, bus tersebut sebenarnya bisa diisi banyak bangku, namun PO Makmur memilih untuk menjadikannya kelas Super Eksekutif yang sangat nyaman.

Baca juga: Bus Baru PO Palala, Single Glass Keluaran Karoseri Adiputro

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Membahas bodinya, PO Makmur memilih warna khasnya sebagai kelir dari keempat bus, yakni merah. Uniknya dari bus baru ini adalah muka depan Legacy SR2 XHD Prime sudah megadopsi model Panorama yang lebih sporty.

Perbedaannya bisa dilihat dari bumper depan dan rumah lampu kabut dengan desain baru. Hal yang menarik adalah pada tarikan garis chrome yang memanjang dari fog lamp sampai ke lampu depan.

Untuk kabinnya, PO Makmur memilih kenyamanan ketimbang banyaknya bangku yang bisa dipasang. Jadi bangu Super Eksekutif ini sudah dilengkapi dengan leg rest dan punya ruang kaki yang lega.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Saat Mengalami Kondisi Darurat di Jalan Tol

"Bangkunya dua di kanan dan satu di kiri (2-1) ada sekat di depan dan di pintu tengah," ucap Werry kepada Kompas.com, Kamis (28/4/2022).

Selain itu, sekat yang dipasang juga bisa meningkatkan kenyamanan penumpang dan bisa menjadi smoking area. Jadi penumpang tidak terganggu dengan asap rokok dari depan karena ada sekat tadi.

"Bus ini juga dilengkapi dengan stone guard untuk kaca depan," ucap Werry.

Stone guard, seperti namanya mencegah batu merusak kaca depan. Mengingat untuk beroperasi di Lintas Sumatera, bus masih sering bertemu atlet lempar batu yang mengganggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.