Kompas.com - 29/04/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi kepolisian, Jasa Marga mulai mengalihkan lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta imbas penutupan Gerbang Tol Kalihurip Utama (Kalitama) 2 karena pemberlakuan one way.

Penutupan GT Kalitama 2 dilakukan sejak pukul 16.00 WIB. Lalu lintas dialihkan menuju GT Kalitama 4 arah Cikampek/Cirebon kemudian keluar di GT Kalihurip 1 menuju Dawuan dan Cikampek.

Irra Susiyanti Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad mengatakan, dengan mempertimbangkan peningkatan volume transaksi serta mengurangi antrean di GT Kalitama 4, pada pukul 20.25 WIB lalu lintas arah Jakarta dialihkan keluar menuju GT Sadang.

Baca juga: Tujuh Gerbang Tol yang Jadi Filter Ganjil Genap Arus Mudik

GT Kalikangkung saat pemberlakuan one way arus mudik Lebaran, Kamis (28/4/2022)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA GT Kalikangkung saat pemberlakuan one way arus mudik Lebaran, Kamis (28/4/2022)

"Untuk kendaraan yang terlanjur mengantre di GT Kalitama 4 diputar balikan ke arah Bandung dan dialihkan keluar menuju GT Sadang," kata Irra dalam keterangan resminya, Kamis (28/4/2022).

Guna mengurangi beban lalu lintas di GT Sadang, pengendara arah Jakarta dialihkan keluar GT Cikamuning sejak pukul 21.20 WIB, dan lalu lintas juga mulai didistribusikan melalui Jalur Fungsional Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan pada pukul 22.32 WIB.

Hal ini pun menandakan mulai digunakan jalur fungsional Sadang sampai Kutanegera Jalan Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km.

Jalur tersebut jadi salah satu alternatif pengguna jalan dari arah Bandung yang ingin menuju Jakarta, sekaligus mendistribusikan lalu lintas.

Baca juga: Antisipasi Penumpukan, Pemudik Diimbau Hindari Rest Area Km 57

"Jalur fungsional dibuka hanya untuk kendaraan kecil/golongan I (non bus), dengan kecepatan maksimal kendaraan 60 km per jam," kata Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga.

Gerbang Tol Kalihurip 2JASA MARGA Gerbang Tol Kalihurip 2

Setelah melewati jalur fungsional, pengendara akan melewati jalan non tol sepanjang kurang lebih 20 Km dengan satu-dua lajur setiap arahnya untuk masuk kembali masuk ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek via GT Karawang Barat di Km 47.

Heru mengatakan, pengendara tak dikenakan tarif sat melintasi jalur fungsional Jalan Tol Japek II Selatan, namun tetap harus melakukan tapping di GT Sadang Fungsional.

"Di gerbang tol ini, pengguna jalan akan membayar tarif tol Jalan Tol Cipularang dan Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari gerbang tol di Jalan Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang," ujar Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.