Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Update, Contraflow di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan | Jadwal Lengkap Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 28/04/2022, 06:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

CIKAMPEK, KOMPAS.com - Bagi pemudik yang sedang melintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, diinformasikan bahwa Jasa Marga sudah berhentikan contraflow di Km 47 arah Cikampek.

Berdasarkan informasi yang Kompas.com terima, pemberhentian contraflow dilakukan atas diskresi kepolisian yang sudah dimulai sejak pukul 11.00 WIB.

Sebelumnya saat pagi hari, diberlakukan contraflow untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sejak pukul 07.30 WIB.

Kemudian, rekayasa lalu lintas siap dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang akibat mudik Lebaran 2022. Beberapa di antaranya dilakukan di ruas jalan tol.

Kepolisian dan pihak terkait menyiapkan sistem ganjil genap dan one way pada ruas Jalan Tol Trans-Jawa. Skema tersebut akan diberlakukan pada 25 April 2022 hingga 27 April 2022.

Rencananya, rekayasa lalu lintas tersebut akan dimulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat). Tapi, jika terjadi kepadatan, maka bisa saja diberlakukan contraflow atau lawan arus.

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 27 April 2022.

1. Update, Contraflow di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

Akses Tol Layang MBZ kembali dibukaJASA MARGA Akses Tol Layang MBZ kembali dibuka

Berlangsung selama tiga setengah jam, lalu lintas sudah mulai mencair dan contraflow diberhentikan, termasuk dengan membuka kembali akses Tol Layang MBZ yang sempat ditutup sementara.

Jasa Marga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di GT Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol, termasuk penambahan 3 gardu tol reversible arah Trans-Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Kepada semua pengguna jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar mengantisipasi perjalanan dan memastikan kendaraan dalam keadaan prima.

Baca juga: Update, Contraflow di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek Dihentikan

2. Jadwal Lengkap Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-CikampekKEMENHUB Ilustrasi kepadatan di Tol Jakarta-Cikampek

Jika kepadatan lalu lintas masih tetap terjadi dan bahkan melebihi batas maksimal, maka akan diterapkan rekayasa lalu lintas one way atau satu arah.

Sebelum diterapkan pada puncak arus mudik 28 April 2022, akan diberlakukan juga uji coba rekayasa lalu lintas sebagai tahap awal sosialisasi kepada masyarakat. Selain sosialisasi, tujuannya juga untuk mengevaluasi efektivitas skema lalu lintas tersebut.

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan uji coba ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Jadwal Lengkap Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Saat Mudik Lebaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com