Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Hari Ini Mobil Pelat Genap yang Bisa Mudik via Trans-Jawa

Kompas.com - 28/04/2022, 03:05 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan jadwal, rekayasa lalu lintas menyambut puncak arus mudik di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang akan diberlakukan secara bersamaan, yakni one way, ganjil genap, dan pembatasan angkutan barang akan dimulai Kamis (28/4/2022).

Artinya, pada hari ini hanya mobil dengan pelat nomor genap saja yang bisa melintasi jalan tol Jakarta-Cikampek untuk menuju Trans-Jawa. Sementara untuk pelat ganjil, akan dialihkan melewati jalur arteri.

Untuk waktu pelaksanaan tiga rekayasa lalu lintas di hari pertama masih sama, yakni mulai dari pukul 17.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Titiknya juga belum ada perubahan, dimulai pada Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, sampai Km 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung.

Baca juga: Jadwal Lengkap Ganjil Genap dan One Way di Tol Trans-Jawa Saat Mudik Lebaran

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Firman Shantyabudi sudah mengingatkan pemudik, khususnya pengguna mobil pribadi yang akan melintasi jalan tol agar menyesuaikan waktu keberangkatan dengan pelat nomor kendaraan.

Tol layang MBZ Jakarta-CikampekJASA MARGA Tol layang MBZ Jakarta-Cikampek

"Jadi saya informasikan lagi, pada 28 April jam 17.00 WIB artinya itu genap, kami akan berlakukan cara bertindak tadi secara bersamaan. Untuk masyarakat kami harapkan seluruhnya patuh," ujar Firman, beberapa hari lalu.

Tak hanya itu, untuk memperlancar penerapan one way, kepolisian juga sudah mengambil langkah baru dalam proses filterisasi kendaraan yang akan memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Prosesnya tak lagi diterapkan di dalam tol, melainkan dari tujuh gerbang tol, yakni ;

1. Gerbang Tol Bekasi Barat
2. Gerbang Tol Bekasi Timur
3. Gerbang Tol Tambun
4. Gerbang Tol Cibitung
5. Gerbang Tol Cikarang Barat
6. Gerbang Tol Cikarang Pusat
7. Gerbang Tol Cibatu

Bila terjadi kepadatan lalu lintas di gerbang tol saat skema one way dan ganjil genap diterapkan, maka akan dilakukan keputusan untuk menutup seluruh gerbang tol di dalam kota dengan harapan bisa mengurai kemacetan.

Baca juga: Bahaya, Jangan Konsumsi Minuman Berkafein Saat Perjalanan Mudik

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

"Nanti pada saat one way arus mudik dan terjadi kepadatan maka seluruh pintu tol di kota akan kita tutup pada saat terjadi kepadatan sehingga bisa menguras arus jalanan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo, disitat dari Korlantas Polri, Rabu (27/4/2022).

Untuk jadwal lengkap pemberlakukan rekayasa lalu lintas arus mudik yakni :

  • Kamis, 28 April 2022, pukul 17.00 WIB - 24.00 WIB : Dimulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.
  • Jumat, 29 April 2022, pukul 07.00 WIB - 24.00 WIB : Dimulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.
  • Sabtu, 30 April 2022, pukul 07.00 WIB - 24.00 WIB : Dimulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.
  • Minggu, 1 Mei 2022, pukul 07.00 WIB - 12.00 WIB : Dimulai dari Km 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com