Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Ongkos Mudik Jakarta-Semarang Naik Daihatsu All New Xenia

Kompas.com - 26/04/2022, 16:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi mengizinkan warganya untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Diprediksi akan ada banyak yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sebelum berangkat, penting untuk melakukan persiapan yang matang. Bukan hanya dari kondisi kendaraan saja, tapi perhitungan biaya pengeluaran atau ongkos selama perjalanan.

Menurut survei Balitbang Kemenhub, Jawa Tengah diprediksi menjadi salah satu daerah tujuan pemudik terbanyak yang mencapai 23,5 juta orang pada Lebaran 2022.

Baca juga: Mesin Overheat Saat Perjalanan Mudik, Lakukan Hal Ini

Semarang diyakini akan menjadi salah satu kota tujuan. Bukan hanya untuk pemudik yang menjadikannya tujuan akhir, tapi juga transit ke wilayah lainnya di Jawa Tengah.

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Perjalanan mudik dari Jakarta menuju Semarang akan melalui Tol Tangerang-Merak, Jakarta-Tangerang, Jakarta Outer Ring Road, Jakarta-Cikampek, kemudian Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, lanjut ke Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC.

Berikut ini rincian tarif baru tol Jakarta-Semarang untuk kendaraan Golongan I, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Selasa (26/4/2022):

  • Tol Jakarta-CIkampek Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan Rp 119.000
  • Tol Palimanan-Kanci Rp 12.500
  • Tol Kanci-Pejagan Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang Rp 45.000
  • Tol Batang-Semarang (keluar Kalikangkung) Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC Rp 5.500

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Ini Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman

Sehingga, jika ditotal, biaya tol dari Jakarta menuju Semarang (Kalikangkung) mencapai Rp 372.000. Untuk tujuan akhir Semarang ABC, totalnya mencapai Rp 377.500.

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

Salah satu mobil yang banyak dijadikan favorit untuk mudik Lebaran adalah Daihatsu All New Xenia. Multi purpose vehicle (MPV) tersebut dapat menampung hingga tujuh penumpang. Sehingga, lebih cocok untuk digunakan mudik bersama keluarga.

Selain itu, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Xenia juga dinilai cukup irit. Berdasarkan hasil pengetesan yang dilakukan Kompas.com beberapa waktu lalu, konsumsi BBM All New Xenia tembus 17,2 kilometer per liter.

Dengan jarak Jakarta-Semarang yang mencapai 441 Km, maka All New Xenia akan membutuhkan sekitar 25,6 liter. Dengan harga Pertalite per liter pada April 2022 sebesar Rp 7.650, maka pemudik perlu menyiapkan uang bensin sekitar Rp 197.000.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu All New Xenia

Sementara untuk pemakaian Pertamax dengan harga Rp 12.500 per liter pada April 2022, maka biaya yang dibutuhkan adalah Rp 320.500.

Jadi, jika ditotal untuk perjalanan mudik Jakarta-Semarang menggunakan All New Avanza, kisarannya dapat mencapai Rp 569.000 hingga Rp 698.000.

Tapi, perlu diketahui, perhitungan tersebut tidak bersifat mutlak dan konsumsi BBM tiap kendaraan juga bisa berbeda-beda. Sebab, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM, seperti bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, kecepatan rata-rata, gaya berkendara, serta kondisi cuaca dan lalu lintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com