Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencegah Kantuk Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Meskipun demikian, rasa kantuk menjadi masalah klasik yang sering menimpa pengemudi. Ditambah lagi, kondisi lalu lintas di Indonesia kerap alami kemacetan sehingga membuat durasi berkendara lebih lama sehingga menguras fisik.

Alhasil, pengemudi mudah dilanda rasa lelah dan mengantuk. Pengemudi mobil yang mengantuk saat berkendara akan membahayakan keselamatan jiwa. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh disepelekan.

Dokter Steinley mengatakan jika ada beberapa cara untuk mencegah kantuk saat mengendarai mobil di musim mudik.

“Cara-cara sederhana untuk menghilangkan kantuk saat puasa di perjalanan mudik itu bisa dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mencuci muka menggunakan air dingin. Itu bisa membantu kita lebih segar,” katanya saat dihubungi oleh Kompas.com.

Dr. Steinley juga menyarankan agar pengemudi harus melakukan pemanasan dengan meregangkan badan agar tubuh tidak kaku. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri singgah di rest area untuk istirahat dan olahraga peregangan.

Pada rest area pengemudi dapat menggunakan air di toilet umum atau membeli air mineral kemasan yang dingin untuk membasuh muka. Selain itu, pengemudi dapat melakukan gerakan-gerakan kecil agar otot tidak kaku usai berkendara.

Jika terlalu memaksakan diri untuk berkendara dengan durasi yang lama, tubuh akan mudah lelah dan mengantuk.

Penyebab orang mengantuk saat berpuasa ada banyak. Pertama pola tidur berubah, kedua karena metabolisme pada tubuh berubah. Sementara itu, suhu AC yang dingin di mobil juga menambah rasa kantuk.

“Menyetir mobil dengan AC terlalu dingin akan membuat pembuluh darah di tubuh kita menyempit. Alhasil, aliran oksigen darah ke otak berkurang sehingga membuat mudah mengantuk. Jadi kalau bisa suhu ruangan di mobil itu jangan terlalu dingin saat perjalanan mudik. Dan juga, gunakan pakaian yang sebisa mungkin harus membuat nyaman, ” kata Dr. Steinley.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/27/110200315/mencegah-kantuk-saat-mudik-menggunakan-mobil-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke