Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2022, Ini Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 26/04/2022, 14:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dua tahun ditiadakan, pemerintah akhirnya kembali memperbolehkan kegiatan mudik saat libur Lebaran 2022 mendatang.

Agar perjalanan dapat berlangsung aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kondisi kendaraan hingga persediaan di kabin selama perjalanan.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil DFSK, Marketing Head PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi menjelaskan ada sejumlah fitur dan teknologi yang ditujukan untuk mendukung mobilitas konsumen. 

"Perjalanan mudik tentu harus menyenangkan dan tetap aman karena ini adalah momen-momen yang berharga bagi keluarga. DFSK siap mengantarkan perjalanan mudik dengan aman dan menyenangkan berkat kualitas, teknologi, dan performa yang ditawarkan karena sudah menjadi tugas kami untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati," ucap Achmad dalam keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Biar Aman Saat Mudik, Jangan Cuek dengan Fungsi Rem Mobil

Achmad memaparkan, setidaknya ada 4 tips mudik aman dan nyaman bagi konsumen DFSK:

1. Lakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum perjalanan

Sebelum mudik, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik sehingga bisa mengantar seluruh penumpang selamat sampai tujuan.

Pengecekan mandiri bisa dimulai dengan memperhatikan sejumlah komponen seperti kondisi oli mesin, cairan radiator, tekanan angin dan kondisi ban, aki mobil, hingga kebersihan interior dan eksterior kendaraan.

2. Pastikan jumlah penumpang dan barang bawaan sesuai kapasitas kendaraan

Selama perjalanan mudik, pastikan kendaraan tidak membawa penumpang dan bagasi yang lebih dari kapasitas yang bisa diterima oleh kendaraan. Hal ini berbahaya baik bagi pengemudi karena mempengaruhi handling kendaraan, dan berpotensi mencelakakan pengguna jalan lainnya.

Namun buat pengguna DFSK khususnya DFSK Glory 560 dan DFSK Glory i-Auto tidak perlu khawatir. Achmad mengatakan kapasitasnya mencapai 7 orang penumpang dalam satu mobil. Kemudian, ruang bagasi didesain luas dan bisa ditingkatkan dengan cara melipat jok, menghasilkan dimensi 1.810 mm x 1.300 mm x 780 mm, untuk DFSK Glory 560.

Berkendara amanAuto2000 Berkendara aman

3. Manfaatkan fitur hiburan usir kebosanan

Selama perjalanan, pastikan ada sejumlah hiburan seperti menyiapkan lagu-lagu favorit, atau tayangan video yang disukai, khususnya buat pemudik yang membawa anak.

Achmad menjelaskan, DFSK Glory i-Auto ditunjang dengan head unit 9 inci floating touchscreen, terkoneksi dengan ponsel melalui bluetooth, USB ataupun AUX. Ada berbagai fitur hiburan yang bisa digunakan di head unit bahkan dengan perintah suara, berkat teknologi Intelligent Features.

Baca juga: Mengenang Malpetaka Macet pada Tragedi Brebes Exit Tol

4. Bawa makanan dan minuman secukupnya

Perjalanan mudik umumnya jarak jauh, sehingga perlu disiapkan makanan ringan dan minuman yang cukup untuk asupan para penumpang selama perjalanan berlangsung.

Buat pengguna DFSK Glory 560, Achmad menjelaskan ada 29 kompartmen penyimpanan barang yang bisa dimanfaatkan. Ditambah dengan material berkualitas dengan sentuhan soft touch, penumpang bisa makan dan minum dengan nyaman di kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com