Mudik Lebaran 2022, Ini Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman

Kompas.com - 26/04/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dua tahun ditiadakan, pemerintah akhirnya kembali memperbolehkan kegiatan mudik saat libur Lebaran 2022 mendatang.

Agar perjalanan dapat berlangsung aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mulai dari kondisi kendaraan hingga persediaan di kabin selama perjalanan.

Bagi pemudik yang menggunakan mobil DFSK, Marketing Head PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi menjelaskan ada sejumlah fitur dan teknologi yang ditujukan untuk mendukung mobilitas konsumen. 

"Perjalanan mudik tentu harus menyenangkan dan tetap aman karena ini adalah momen-momen yang berharga bagi keluarga. DFSK siap mengantarkan perjalanan mudik dengan aman dan menyenangkan berkat kualitas, teknologi, dan performa yang ditawarkan karena sudah menjadi tugas kami untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati," ucap Achmad dalam keterangan resminya, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Biar Aman Saat Mudik, Jangan Cuek dengan Fungsi Rem Mobil

Achmad memaparkan, setidaknya ada 4 tips mudik aman dan nyaman bagi konsumen DFSK:

1. Lakukan pengecekan kondisi kendaraan sebelum perjalanan

Sebelum mudik, pastikan kendaraan berada dalam kondisi yang baik sehingga bisa mengantar seluruh penumpang selamat sampai tujuan.

Pengecekan mandiri bisa dimulai dengan memperhatikan sejumlah komponen seperti kondisi oli mesin, cairan radiator, tekanan angin dan kondisi ban, aki mobil, hingga kebersihan interior dan eksterior kendaraan.

2. Pastikan jumlah penumpang dan barang bawaan sesuai kapasitas kendaraan

Selama perjalanan mudik, pastikan kendaraan tidak membawa penumpang dan bagasi yang lebih dari kapasitas yang bisa diterima oleh kendaraan. Hal ini berbahaya baik bagi pengemudi karena mempengaruhi handling kendaraan, dan berpotensi mencelakakan pengguna jalan lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.