Kompas.com - 25/04/2022, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mencatata 445.944 kendaraan keluar meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-10 sampai H-9 (22-24/4/2022) jelang Lebaran.

Dwimawan Heru Corporate Communication & Community Development Group Head mengatakan, jumlah tersebut merupakan kumulatif dari empat Gerbang Tol Utama, yakni Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi.

"Total volume lalu lintas yang meninggalkan Jabotabek turun 4,5 persen dibandingkan lalu lintas normal periode November 2021 yang sebanyak 466.799 kendaraan," ucap Heru dalam keterangan resminya, Senin (25/4/2022).

Baca juga: Ingat, Hari Ini Ada Uji Coba Ganjil Genap di Tol Jakarta-Cikampek


Secara total, kendaraan ke arah timur, baik yang menuju Bandung maupun Trans-Jawa masih mendominasi dengan jumlah 210.999 kendaraan atau 47,1 persen.

Untuk arah Merak 138.808 kendaraan, dan 97.037 kendaraan atau 21,8 persen menuju Puncak.

Dari jumlah kendaraan yang menuju timur, arah Trans-Jawa melalui GT Cikampek Utama masih yang paling banyak, yakni 116.209 kendaraan, naik 8,0 persen dari kondisi lalu lintas normal.

Sementara bagi masyarakat yang mengarah ke Bandung via Tol Cipularang, sebanyak 93.890 kendaraan, turun 13,0 persen.

Baca juga: Ini Potensi Bahaya Menggelar Kasur di Kabin Mobil

Arus lalu lintas di H+1 natal 2021 di gerbang tol Cikampek UtaraPT. Jasa Marga Arus lalu lintas di H+1 natal 2021 di gerbang tol Cikampek Utara

Lalu lintas menuju GT Cikupa via Jalan Tol Tangerang-Merak sebanyak 138.808 kendaraan, turun 4,3 persen dari lalu lintas normal. Sedangkan yang menuju GT Ciawi dari Tol Jagorawi juga turun 8,7 persen dengan jumlah 97.037 kendaraan.

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan saat di rest area, isi BBM, dan saldo uang elektronik yang cukup, juga mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," kata Heru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.