Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saldo E-toll Habis, Bisa Isi di Beberapa Pintu Tol Berikut Ini

Kompas.com - 25/04/2022, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat akhirnya bisa merasakan mudik setelah dua tahun dilarang. Syarat untuk mudik pun kini cukup mudah, yakni sudah divaksin booster maka tidak perlu melakukan tes antigen maupun PCR.

Salah satu pilihan kendaraan untuk mudik adalah dengan mobil pribadi. Tapi perlu diingat untuk mengisi saldo e-toll pada kartu uang elektronik untuk melakukan transaksi di pintu tol.

Hal yang harus diperhatikan ketika mudik lewat jalan tol adalah mengecek isi saldo kartu uang elektronik. Pastikan sebelum membayar tol, saldo mencukupi sehingga tidak tertahan di pintu tol.

Baca juga: Ini Jadwal Uji Coba Ganjil Genap Arus Mudik di Tol, Senin sampai Rabu

Ilustrasi kartu elektronikStanly/KompasOtomotif Ilustrasi kartu elektronik

Namun, bagi yang saldo di kartu uang elektroniknya tidak cukup dan tidak sempat diisi di rest area, ada beberapa pintu tol yang melayani top-up secara tunai di tol yang dikelola oleh Jasa Marga.

Berdasarkan data yang redaksi Kompas.com terima dari Jasa Marga, berikut ruas dan Gerbang Tol yang menyediakan fitur top up:

Ruas Purbaleunyi
- GT Padalarang
- GT Jatiluhur
- GT Buah Batu
- GT Moh. Toha
- GT Kopo
- GT Baros 1&2

Ruas Japek
- GT Cikampek Utama 2

Ruas Semarang ABC
- GT Kalikangkung

Ruas Gempol - Pasuruan
- GT Bangil
- GT Rembang
- GT Pasuruan
- GT Grati

Ruas Pandaan - Malang
- GT Singosari
- GT Pakis

Baca juga: Bus Tingkat Baru PO Safari Dharma Raya, Tampilan Gaya Eropa

Tody Satria, Marketing & Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division mengatakan, mengisi kartu uang elektronik di pintu tol sebenarnya tidak disarankan.

"Untuk top up kartu tol dapat dilakukan di rest area. Tidak disarankan di gerbang tol karena akan menghambat lalu lintas dan menimbulkan antrean," ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (23/4/2022).

Lebih baik lakukan pengecekan saldo kartu tol dan tarif tol dari lokasi asal sampai dengan tujuan menggunakan aplikasi Travoy dari fitur Cek Saldo dan Tarif Tol.

Apabila saldo kartu tol kurang, pengisian saldo dapat dilakukan di minimarket terdekat, melalui aplikasi mobile banking/internet banking, e-commerce, dan melalui ATM terdekat untuk meminimalisasi terjadinya kendala kekurangan saldo tol di Gerbang Tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com