Kompas.com - 25/04/2022, 03:22 WIB

 


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah memperbolehkan mudik Lebaran 2022 dengan syarat pemudik sudah melakukan vaksinasi Covid-19 lengkap dengan booster (suntikan ketiga).

Keputusan ini tentu menjadi kabar yang membahagiakan bagi banyak orang, sebab pada kebijakan dua tahun sebelumnya, mudik sempat dilarang akibat pandemi Covid-19.

Salah satu yang paling banyak diakses oleh pemudik adalah Tol Trans Jawa. Hadirnya ruas tol ini tentu akan membuat mudik lebih lancar dan menyenangkan.

Baca juga: Liputan Arus Mudik dan Wisata dalam Merapah Trans Jawa 2022

Melalui program Merapah Trans Jawa 2022, tim redaksi berkesempatan untuk menyusuri jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga titik terakhir di Probolinggo dari 24 sampai 26 Juni 2022.

Beranggotakan delapan orang tim Merapah Trans Jawa Kompas.com menggunakan 2 unit mobil Suzuki, yakni XL7 dan Ertiga.

Masing-masing mobil diisi empat orang dan lima orang termasuk pengemudi.

Etape pertama menempuh perjalanan dari Jakarta-Semarang dengan panjang lintasan sekitar 446 kilometer. Dengan menggunakan jalan tol Jakarta-Semarang, masyarakat bisa menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam.

Ruas tol SemarangKompas.com/ApridaMegaNanda Ruas tol Semarang

Adapun rute Jakarta-Semarang yang dilalui oleh tim Merapah Trans Jawa 2022 yakni Tol Jakarta-Cikampek, tol Cikopo-Palimanan, tol Paliman-Kanci, tol Kanci-Pejagan, tol Pejagan-Pemalang, tol Pemalang-Batang, tol Batang-Semarang (Gerbang Tol (GT) Kalikangkung).

Nah, bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran ke Semarang dan sekitarnya, tentu perlu mengetahui besaran tarif tol Jakarta-Semarang terbaru.

Baca juga: Rest Area Cipali Sudah Mulai Ramai Disinggahi Pemudik

Sebagai informasi, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama ASTRA Tol Cipali sepakat meniadakan transaksi kendaraan di GT Palimanan Utama, Cirebon.

Sehingga, jumlah tarif kumulatif yang akan dikenakan kepada pengguna jalan GT Cikampek Utama sampai GT Kalikangkung adalah Rp 357.500. Menyusul adanya penggabungan tarif karena dialihkannya transaksi dari GT Palimanan.

Jika ditotal, tarif tol Jakarta-Semarang untuk kendaraan golongan I dengan rute tol tersebut yakni Rp 388.000. Dengan rincian Tol Dalam Kota Rp 10.500, Tol Jakarta-Cikampek Rp 20.000 dan Tol Cikampek Utama-Kalikangkung Rp 357.500.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.