Jangan Norak, Ini Cara Mengetahui Letak Tutup Tangki BBM di Mobil

Kompas.com - 22/04/2022, 10:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketika pertama kali menggunakan mobil baru, seringkali pengemudi tidak mengetahui di mana letak tutup tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) berada. Hal tersebut karena memang tiap mobil memiliki posisi yang berbeda.

Selain pemilik pemula, biaya hal ini juga dialami oleh orang yang mengendarai mobil pinjaman. Sehingga, saat hendak melakukan pengisian BBM di SPBU, pengemudi harus turun dari mobil dan mencari letak tutup tangki.

Hal tersebut harusnya bisa dihindari dengan beberapa cara, mulai membaca buku manual, atau menanyakan kepada pemilik mobil sebelumnya.

Tak hanya itu, masih ada cara mudah lain yang lebih praktis untuk mengetahui letak tutup tangki bensin di mobil.

Baca juga: Diprediksi Macet, Waktu Tempuh Mudik ke Semarang Bisa Dua Kali Lipat

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.ANTARA FOTO/WAHDI SEPTIAWAN Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU 24.361.77 Mayang Mangurai, Kota Baru, Jambi, Kamis (14/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengerahkan 384 unit armada mobil tangki, 27 unit bridger avtur, dan menyiapkan 174 unit skid tank untuk LPG, serta 16 titik SPBU kantung dan 15 titik layanan motoris pada jalur mudik guna mengamankan pasokan energi selama Ramadhan dan mudik Lebaran tahun 2022.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahad menyampaikan, cara praktis tersebut dengan melihat indikator di panel meter cluster.

“Sering kita temui pengemudi yang mau isi bensin masih bingung lihat spion atau bahkan keluar mobil. Sebenarnya tidak perlu repot, bisa dilihat dari panel indikator,” ujar Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Didi menambahkan, biasanya pada panel indikator terdapat gambar berbentuk dispenser yang disertai lambang segitiga seperti petunjuk yang mengarah ke kiri atau kanan.

Lambang tersebut, merupakan penunjuk di mana letak tutup tangki bahan bakar. Dengan demikian, sopir tidak perlu turun dari mobil hanya untuk memastikan letak tutup tangkinya.

Baca juga: Kakorlantas Sarankan Masyarakat Mulai Mudik Hari Ini

Lambang tersebut, kata Didi merupakan penunjuk letak tutup tangki bahan bakar. Dengan petunjuk tersebut, sopir tidak perlu turun dari mobil hanya untuk memastikan letak tutup tangkinya.

“Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya,” kata Didi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.