Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Semarang Pakai LCGC 5-Seater

Kompas.com - 19/04/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil segmen low cost green car atau LCGC seringkali jadi pilihan masyarakat untuk berkendara.

Dari segi harga, LCGC umumnya dijual Rp 170 jutaan. Selain banderol yang terbilang lebih murah, saat ini pilihan model mobil LCGC juga sudah variatif.

Selain harga yang murah, tampilan LCGC khususnya LCGC 5 seater yang lebih kompak dan ramping menjadi salah satu daya tarik tersendiri buat pembelinya. Mobil ini biasanya cocok dipakai untuk pemakaian harian, misal di jalan kota padat.

Baca juga: Calya-Sigra Kuasai Pasar LCGC Maret 2022

LCGC yang merupakan kendaraan ramah lingkungan juga diklaim menggunakan komponen bahan bakar yang rendah. Umumnya, LCGC menghabiskan bensin mulai dari 14 kpl hingga 20 kpl.

Jika berminat untuk mudik ke Semarang melalui tol Jakarta-Semarang dengan menggunakan mobil LCGC 5 seater, berikut ini adalah estimasi biaya untuk bensin yang terpakai selama perjalanan.

Berdasarkan hasil perbandingan yang dilakukan Kompas.com terhadap beberapa jenis LCGC; di antaranya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon dan Datsun Go+ Panca, rata-rata konsumsi BBM kombinasi dalam kota dengan tol ialah 16 kpl - 18 kpl.

Sedangkan konsumsi BBM untuk tol yang arus lalu lintasnya lebih lancar, berada di kisaran antara 19 kpl - 21 kpl.

Dengan asumsi arus tol selama mudik yang mungkin cukup padat, konsumsi BBM melalui jalan tol bisa lebih tinggi, yaitu kira-kira 16 kpl.

Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu AylaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi LCGC antara Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Secara keseluruhan, rute tol Jakarta - Semarang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa memiliki panjang lintasan kurang lebih 446 kilometer. Jika konsumsi BBM LCGC adalah 16 kpl, maka perkiraan konsumsi BBM-nya untuk menempuh perjalanan 446 km adalah sekitar 28 liter.

Kapasitas tangki bahan bakar mobil segmen LCGC 5 seater berada di kisaran 33 liter. Mengacu pada harga bahan bakar Pertamax per April 2022 Rp 12.500 per liter, maka pengisian bahan bakar full tank adalah sebesar Rp 412.500. Sedangkan untuk hitungan kasar konsumsi BBM perjalanan 446 km dengan bahan bakar sebanyak 28 liter adalah Rp 350.000.

Sedangkan untuk penggunaan bahan bakar Pertalite per April 2022 adalah Rp 7.650 per liter. Pengisian bahan bakar full tank menghabiskan biaya sekitar Rp 252.400, dengan hitungan kasar untuk menempuh 446 km atau 28 liter sebesar Rp 214.200.

Baca juga: Pertamina Sanksi SPBU yang Beri Izin Panther Isi Solar sampai 466 Liter


Sementara itu, berikut adalah rincian biaya Tol Trans Jawa, rute Jakarta - Semarang untuk Golongan I, dikutip dari laman Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT):

  • Tol Jakarta - Cikampek: Rp 20.000
  • Tol Cikopo - Palimanan: Rp 107.500
  • Tol Palimanan - Kanci: Rp 12.500
  • Tol Kanci - Pejagan: Rp 29.500
  • Tol Pejagan - Pemalang: Rp 60.000
  • Tol Pemalang - Batang: Rp 45.000
  • Tol Batang - Semarang (Kalikangkung): Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC: Rp 5.500

Jika dijumlahkan, total tarif keseluruhan rute Jakarta - Semarang yang harus disiapkan untuk kartu e-toll adalah Rp 360.500. Ditambah dengan konsumsi BBM Pertamax, estimasi total biaya yang harus disiapkan adalah Rp 710.500, atau Rp 574.700 untuk BBM Pertalite.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.