Kecelakaan Grup Musik Debu, Kecepatan Mobil Diduga di Atas 100 Kpj

Kompas.com - 19/04/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil rombongan grub musik Debu mengalami kecelakaan di Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, Senin (18/4/2022).

Diketahui mobil Toyota Vellfire yang ditumpangi personel grup itu mengerem sejauh 50 sentimeter sebelum menabrak bak belakang truk. Kecepatan mobil diperkirakan di atas 100 kilometer per jam.

Hal ini terungkap dalam olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo Kota di Tol Pasuruan-Probolinggo.

Dalam olah TKP itu, ditemukan bekas ban yang mengerem sekitar 50 sentimeter. Sopir diyakini mengetahui bahwa di depan mobil yang dikendarai ada kendaraan dengan jarak kurang lebih 1 meter.

Baca juga: Mobil Drummer Grup Musik Debu Kecelakaan di Probolinggo, 2 Orang Tewas

“Posisi kendaraan Vellfire setelah menabrak, terpental ke kiri dan menutup jalur cepat. Yang mengenakan sabuk pengaman hanya sopir saja. Vellfire melaju dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam. Posisi akhir speedometer ada di posisi 100 kilometer per jam,” ucap Kasi Humas Polres Probolinggo Kota Iptu Zainalullah dikutip Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Akibat insiden tersebut, dua orang meninggal dan empat penumpang lainnya mengalami luka-luka.

Bila melihat kejadian tersebut, artinya memang masih banyak masyarakat yang belum paham atau bahkan mengacuhkan mengenai batas kecepatan berkendara. Padahal, bila terbukti melanggar ada sanksi hukumannya.

Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.Sebastian Bozon / AFP Ilustrasi rambu batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan.

Soal regulasi kecepatan melajukan mobil, sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 23 ayat 4 dan diperkuat lagi dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4. Kedua pasal tersebut memiliki bunyi yang sama.

Batas kecepatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) ditetapkan:

Sementara batas-batas kecepatan tersebut, lebih lengkap dijabarkan pada Peraturan Pemerintah nomor 79 tahun 2013. Selanjutnya pasal 23 ayat empat (4), Bagian Kedua, mengenai Batas Kecepatan disebutkan, batas kecepatan sebagaimana dimaksud ditetapkan sebagai berikut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.