Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari Perusahaan Rintisan Teknologi Nasional Dukung Industri Otomotif

Kompas.com - 18/04/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengaku tengahh mengincar start-up perusahaan Rintisan Teknologi Industri atau Rintek yang memiliki potensi besar untuk berkembang guna dukung berbagai bidang industri, termasuk otomotif.

Pemerintah pun, sebagaimana dikatakan sub-koordinator Penghargaan Rintisan Teknologi Industri Kemenperin Firmansyah akan mengapresiasi Rintek terkait yang menghasilkan perekayasaan dan inovasi.

"Program ini sudah dilakukan sejak 2006 dan rutin tiap tahun. Hingga di 2021, penghargaan sudah diberikan ke 64 perusahaan atas 89 rintisan teknologi," katanya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: China Gandeng Indonesia Bikin Industri Baterai Kendaraan Listrik

Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho Pekerja merakit mobil pick up di Pabrik Mobil Esemka, Sambi, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) untuk mulai beroperasi memproduksi mobil. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.

"Kita melibatkan juri yang kompeten di bidang teknologi industri. Melalui penghargaan Rintek, telah menelurkan perusahaan industri penghasil inovasi terbaik pada setiap periode,” lanjut Firmansyah.

Dengan langkah tersebut, menurut dia, pemerintah mendukung proses peningkatan kemampuan teknologi industri nasional secara berkelanjutan dalam mendorong kemandirian industri nasional.

Selain itu, pemerintah ingin memotivasi pelaku industri dalam negeri untuk mengembangkan daya saing lewat kegiatan penciptaan teknologi industri bernilai tinggi.

“Ini juga bisa meningkatkan popularitas dan citra kredibilitas positif bagi perusahaan atas teknologi yang telah dihasilkan,” kata Firmasyah.

Baca juga: Makin Banyak Kasus Mobil Dirusak Massa karena Kecelakaan

Startup unicorn adalah perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 miliar dollar AS freepik.com/rawpixel.com Startup unicorn adalah perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi mencapai 1 miliar dollar AS

Dia menjelaskan ketentuan peserta dan rintisan teknologi yang diusulkan pada penghargaan Rintek 2022 harus memenuhi persyaratan, yakni perusahaan industri manufaktur atau jasa industri yang berkedudukan dan berbadan hukum Indonesia.

Teknologi yang diusulkan merupakan hasil riset perusahaan peserta berupa prototipe atau yang telah terbukti berhasil diimplementasikan.

“Teknologi yang diusulkan belum pernah mendapatkan penghargaan sejenis pada periode sebelumnya. Perusahaan dapat mengikuti mendaftarkan secara online pada 11 April sampai 31 Mei 2022,” katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.