Jangan Sembarangan Menaruh Barang-barang Kecil di Mobil

Kompas.com - 17/04/2022, 17:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com- Bagi sebagian pengendara, membawa banyak barang di mobil berguna dalam memenuhi gaya hidup. Mulai dari ponsel, dompet, kartu pembayaran tol, uang koin menjadi barang yang selalu hadir di kabin mobil.

Namun masih banyak yang abai dengan menempatkan barang-barang tersebut secara sembarangan di kabin mobil.

Biasanya atas dashboard menjadi tempat untuk menaruh barang-barang tersebut agar mudah diraih saat dibutuhkan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan bila kebiasaan menempatkan barang-barang penting sembarangan di mobil dapat membahayakan keselamatan berkendara.

Baca juga: Sepele tapi Penting, Posisi Paling Benar Menyimpan Kartu Tol dan Uang di Mobil

“Kalau penempatannya sembarangan bisa mengganggu pengemudian, seperti mengganggu saat perpindahan gigi atau bahkan bisa mengganjal tuas persneling,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Tidak hanya itu saja, barang-barang yang ditempatkan secara sembarangan, terutama di atas dasbor akan berbahaya. Barang-barang tersebut akan menutupi pandangan pengemudi. Selain itu, akan mudah bergeser atau terpental saat mobil bermanuver. 

Meski sepele, kebiasaan ini akan menimbulkan risiko pada faktor keselamatan berkendara. Oleh karena itu, agar mengedarai tetap nyaman dan aman, barang-barang kecil yang ada di kabin perlu ditata dengan baik. 

Kabin Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Jeep Compass

“Yang harus lebih diperhatikan adalah barang-barang yang keras dan punya sudut yang cukup tajam, seperti kotak tissue, botol kaca atau tumbler, karena saat tabrakan terjadi benda-benda ini bisa mencederai kita,” ujar Roslianna

Agar kabin mobil lebih tertata dan nyaman, tempatkan barang-barang kecil seperti dompet, ponsel dan sebagainya di tempat yang tidak menghalangi pergerakan tangan saat memindahkan tuas persneling.

Untuk kartu, paling baik taruh di tempat kartu atau di tempat koin yang ada di kanan dasbor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.