Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sembarangan Menaruh Barang-barang Kecil di Mobil

Namun masih banyak yang abai dengan menempatkan barang-barang tersebut secara sembarangan di kabin mobil.

Biasanya atas dashboard menjadi tempat untuk menaruh barang-barang tersebut agar mudah diraih saat dibutuhkan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan bila kebiasaan menempatkan barang-barang penting sembarangan di mobil dapat membahayakan keselamatan berkendara.

“Kalau penempatannya sembarangan bisa mengganggu pengemudian, seperti mengganggu saat perpindahan gigi atau bahkan bisa mengganjal tuas persneling,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com

Tidak hanya itu saja, barang-barang yang ditempatkan secara sembarangan, terutama di atas dasbor akan berbahaya. Barang-barang tersebut akan menutupi pandangan pengemudi. Selain itu, akan mudah bergeser atau terpental saat mobil bermanuver. 

Meski sepele, kebiasaan ini akan menimbulkan risiko pada faktor keselamatan berkendara. Oleh karena itu, agar mengedarai tetap nyaman dan aman, barang-barang kecil yang ada di kabin perlu ditata dengan baik. 

“Yang harus lebih diperhatikan adalah barang-barang yang keras dan punya sudut yang cukup tajam, seperti kotak tissue, botol kaca atau tumbler, karena saat tabrakan terjadi benda-benda ini bisa mencederai kita,” ujar Roslianna

Agar kabin mobil lebih tertata dan nyaman, tempatkan barang-barang kecil seperti dompet, ponsel dan sebagainya di tempat yang tidak menghalangi pergerakan tangan saat memindahkan tuas persneling.

Untuk kartu, paling baik taruh di tempat kartu atau di tempat koin yang ada di kanan dasbor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/17/174100215/jangan-sembarangan-menaruh-barang-barang-kecil-di-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke