Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketatnya Persiapan Tim Balap Formula E Sebelum Balapan

Kompas.com - 12/04/2022, 14:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balap mobil listrik Formula E Jakarta rencananya akan digelar pada 4 Juni 2022. Balapan mobil prototipe itu akan berlangsung di sirkuit yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara.

Perwakilan Formula E Operation (FEO), promotor Formula E, Nuno Fernandez, mengatakan, persiapan tim di Formula E di Jakarta sangat padat, sebab balapan akan berlangsung pada hari Sabtu.

Nuno mengatakan, tim akan datang pada hari Rabu. Sejak itu tim akan bekerja sangat padat agar pada hari Minggu semua sudah selesai dan mobil bisa dikirim ke seri berikutnya.

Baca juga: Ini Patokan Jaga Jarak Aman Saat Macet Buat Pengemudi Mobil

"Normalnya kami datang (ke sirkuit) Rabu sore. Kemudian tim mulai mempersiapkan hal teknis di garasi (paddock). Mekanik biasanya bekerja malam mempersiapkan garasi," kata Nuno yang ditemui akhir pekan lalu.

Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.AFP/GETTY IMAGES/David Dee Delgado Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

Kemudian besoknya pada Kamis tim akan mulai mempersiapkan mobil. Pebalap juga punya peran di sini sebab kualifikasi akan berlangsung pada Jumat.

"Kemudian di Kamis pagi mereka akan sangat sibuk dan bekerja keras mempersiapkan mobil. Mereka perlu membongkar mobil dari peti dan merangkai semua komponen mobil," katanya.

Baca juga: Mobil Pemudik Tersesat di Jalan Setapak, Sopir Suka Halusinasi

"Jumat akan mulai kualifikasi dan balapan hari Sabtu, (usai balapan) Sabtu malam mulai kembali beres-beres, kemudian hari Minggu sudah pergi (mobil siap dikirim ke tempat lain)," katanya.

Buat yang masih asing dengan Formula E cara balapannya berbeda dengan Formula 1. Balapnya tidak pakai lap melainkan pakai waktu dengan durasi 45 menit ditambah 1 putaran.

Baca juga: Alasan Kenapa Kick Starter Banyak Absen di Motor Keluaran Baru

Mahindra Racing dalam Formula EAutosport Mahindra Racing dalam Formula E

Di empat musim pertama, para pebalap wajib masuk pit stop mengganti mobil. Tapi setelah era mobil Gen2 tak diperlukan lagi. Sebab baterainya kini sanggup menyuplai daya sampai akhir balapan.

Formula E pertama kali digagas presiden FIA Jean Todt dan Alejandro Agag, yang sekalian juga pendiri dan CEO Formula E Holdings. pada 201.

Balapan pertama digelar di Beijing, Tiongkok, pada September 2014. Kejuaran ini kemudian berkembang dan sejak 2020 Formula E berstatus kejuaraan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com