Mengenal Bahaya Loose Object pada Keselamatan Berkendara di Mobil

Kompas.com - 12/04/2022, 11:42 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Memiliki mobil pribadi kini tidak hanya bagi pria saja, wanita kini banyak yang memiliki kendaraan pribadi. Bahkan, tidak sedikit wanita yang mengemudikan mobilnya sendiri tanpa bantuan supir.

Perbedaan yang mencolok dari mobil wanita dan pria, biasanya pada bagian isi kabin dari kendaraan tersebut. Kabin mobil wanita kerap dipenuhi berbagai perlengkapan alat rias wajah atau make up.

Kebiasaan ini bahkan membuat banyak pengemudi wanita akan dengan mudah merias diri saat di mobil. Meskipun praktis, ada bahaya besar yang mengancam dari kebiasaan pengemudi wanita gemar menaruh make up di kabin mobil.

Baca juga: Mobil Dipasang Roof Box, Begini Tips Mengemudi yang Aman

Jika tidak ditaruh di tempat yang tepat, alat make up akan menjadi loose object. Loose object merupakan benda yang mudah terlepas atau mudah bergerak.

Ketika mobil mengalami sesuatu, misalnya terbalik atau tabrakan, maka objek tersebut akan bergerak dengan cepat seperti kecepatan dari kendaraan. Apabila mengenai penumpang, akan sangat berbahaya.

Ilustrasi pengemudi mobil di jalan. UNSPLASH/takahiro taguchi Ilustrasi pengemudi mobil di jalan.

“Benda-benda berantakan yang kerap digunakan oleh wanita untuk berdandan atau make up akan menjadi objek yang mematikan apabila di taruh sembarangan di mobil. Misalnya sisir, lipstik atau benda tajam lainnya. Ketika mobil bermanuver benda-benda tersebut akan bergerak pula,” katanya Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu baru-baru ini pada Kompas.com

Baca juga: Suzuki Bakal Hadirkan Beberapa Mobil Baru di 2022

Biasanya, kebiasaan menyusun barang di dalam kabin mobil pribadi yang tidak rapi cenderung dilakukan oleh wanita karir.

Lantaran mobil digunakan untuk menunjang aktivitas, maka pengendara wanita sering tidak punya waktu untuk menyimpan dengan benar alat make up di mobil. Bahkan, sering kali saat akan dicari keberadaan benda tersebut sukar ditemukan.

“Alat make up adalah salah satu objek keras yang harus terikat dengan kuat agar tidak bergerak. Atau, masukan alat make up pada satu tempat berupa boks atau kantung agar aman dan tidak menjadi loose object,” kata Jusri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.