Mobil Dipasang Roof Box, Begini Tips Mengemudi yang Aman

Kompas.com - 11/04/2022, 19:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan roof box banyak dipilih pemilik mobil sebagai bagasi tambahan. Pada saat musim mudik tiba, penyematan roof box di mobil kian marak.

Membawa barang bawaan yang banyak saat mudik menjadi fenomena yang tidak asing lagi di Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan roof box pada mobil saat lebaran sangatlah penting.

Namun, masih banyak yang mengemudikan mobil dengan roof box menggunakan kecepatan tinggi. 

Baca juga: Sergio Perez Raih Podium di F1 GP Australia 2022

Padahal, ada teknik atau tata cara mengemudikan mobil yang bagian atasnya terdapat roof box. Apabila pemudik bijak saat mengemudikan mobil dengan roof box, maka pulang ke kampung halaman akan jauh lebih aman.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDCC) Jusri Pulubuhu mengatakan jika mengemudikan mobil dengan roof box berbeda dari mengendarai mobil tanpa bagasi tambahan di atas atap.

roof box (unsplash)janlika roof box (unsplash)

“Seharusnya kecepatan mengendarai mobil dengan roof box harus diturunkan agar mobil tidak hilang kendali,” kata baru-baru ini pada Kompas.com.

Saat mengemudikan mobil dengan roof box bermuatan penuh, maka beban atau berat mobil akan bertambah. Hal ini akan membuat kemampuan mobil saat melaju menjadi terhambat.

Maka dari itu, beban kinerja mesin juga akan bertambah jika dipaksa untuk ngebut. Apabila tidak hati-hati mobil akan menimbulkan gaya lateral dan sentripetal yang berbahaya.

Baca juga: Cek Jadwal dan Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek April 2022

Gaya tersebut muncul karena mobil yang bermanuver secara mendadak. Bahkan, mobil juga bisa terbalik karena tidak seimbang. Pada akhirnya, jika mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi tidak dapat mencegah kejadian tersebut.

“Oleh karena itu, kecepatan mengendarai mobil dengan roof box harus diturunkan. Harus lebih lambat dari kecepatan saat mengendarai mobil tanpa roof box,” kata Jusri.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.