Puncak Arus Mudik Lebaran Diprediksi Terjadi pada 29-30 April 2022

Kompas.com - 11/04/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI telah memperbolehkan masyarakat untuk melakukan mudik pada libur Lebaran 2022 dengan syarat vaksinasi dan selalu menerapkan protokol kesehatan.

Sejauh ini, Kementerian Perhubungan terus melakukan koordinasi intensif dengan pemangku kepentingan terkait supaya penyelenggaraan mudik berjalan dengan lancar.

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Gd DPR RI, Jakarta, belum lama ini.

Baca juga: Jelang Mudik, Kemenhub Bersinergi Berantas Angkutan Ilegal

Ilustrasi mudikSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik

Pada kesempatan itu pula, dikatakan bahwa berdasar hasil survei tentang potensi pemudik pada mudik Lebaran 2022 yang dilakukan Badan Litbang Perhubungan, ditemukan bila pengguna kendaraan pribadi akan dominasi pergerakan mudik.

"Tercatat, sebanyak 40 juta orang memilih menggunakan kendaraan pribadi, dari total 79,4 juta orang yang diprediksi akan melakukan mudik," kata Budi dalam keterangannya.

Adapun pilihan moda transportasi lainnya yang dipilih ialah angkutan jalan (bus dan penyebrangan) sebanyak 26,7 juta orang, pesawat 8,9 juta orang, kereta api 8,2 juta orang, kapal 1,4 juta orang, angkutan lainnya 0,1 juta orang.

Sementara itu, berdasarkan rencana operasi dan prediksi hasil survei, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022 dan arus balik diperkirakan terjadi pada 8 Mei 2022.

"Dari 79,4 juta orang yang diprediksi mudik, sebanyak 13 juta orang berasal dari Jabodetabek," jelas Budi.

Baca juga: Ketahui Bahaya Ngebut di Tikungan

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadikompasiana.com Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi

Adapun untuk provinsi tujuan yang paling dominan akan dituju para pemudik, yakni:

- Jawa Tengah sebanyak 23,5 juta
- Jawa Timur sebanyak 16,8 juta
- Jawa Barat sebanyak 14,7 juta.

Kemudian, untuk jalur perjalanan yang paling dipilih adalah melalui jalan tol Trans Jawa, jalur lintas Jawa Tengah, Tol Cipularang, jalur Pantura, jalan Trans Sumatera, dan beberapa ruas jalan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.