Korlantas Polri Prediksi 47 Persen Pemudik Pakai Transportasi Darat

Kompas.com - 11/04/2022, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi memprediksi sekitar 47 persen masyarakat akan menggunakan transportasi darat saat melakukan mudik Lebaran 2022 mendatang.

Informasi tersebut didapat dari hasil evaluasi dan kondisi lalu lintas pada pihak terkait ketika melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama elemen yang berkaitan.

"Informasi yang kami dapatkan adalah kita akan melayai 85 juta pemudik. Tentunya angka ini bukan angka kecil dan bisa berhasil jika kita semua, masyarakat dan petugas bisa saling mengomunikasikan hal-hal yang bisa dikerjakan sehingga semua bisa terlayani dengan baik," katanya, Minggu (10/4/2022).

Baca juga: Usai IIMS Hybrid 2022, Dyandra Rilis Jadwal IIMS Series

Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH Ilustrasi lalu lintas Jalan Kapten Muslihat, Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi Angkutan Kota (Angkot).

Adapun mengenai pengaturan arus lalu lintas di jalur darat selama libur mudik Lebaran 2022, Firman menyebut kini tengah dipersiapkan dengan baik.

Sementara pengumuman soal mudik Lebaran 2022, akan dirilis pada hari ini, Senin (11/4/2022) siang nanti. Pengumuman ini bakal memudahkan masyarakat yang hendak mudik.

Contohnya seperti kapan waktu sebaiknya berangkat mudik, istirahat, dan sebagainya.

“Kami yang ada tugas di jalan tentunya perlu mengatur sedemikian rupa, siapa yang keluar sementara, siapa yang jangan keluar dulu. Ini gunanya untuk semua terlayani,” kata Firman.

“Jadi tidak ada kami petugas di lapangan datang untuk menghambat apapun. Perintahnya sudah jelas. Semua cuti dengan baik, semua cuti dengan gembira, perjalanan dengan aman,” lanjutnya.

Baca juga: Bamsoet Beli Taksi Drone EHang 216 buat Kirim Barang

Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek jelang Mudik Lebaran 2022Tangkap layar Youtube Komisi V DPR RI Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek jelang Mudik Lebaran 2022

Harapan Korlantas Polri, kata Firman lagi, masyarkat buka objek tapi juga peserta yang menentukan, membantu proses kelancaraan saat mudik. Jadi cara-cara bertindak, informasi, akan segera disampaikan.

Sementara itu, Menhub Budi Karya mengapresiasi Kakorlantas Firman dan beberapa instansi terkait. Sebab, pembahasan ihwal mudik lebaran telah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Lebih lanjut, Menhub Budi juga memberikan diskresi kepada Kakorlantas Polri sehingga bsa menetapkan sejumlah hal dalam pelaksanaan mudik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.