Video Viral, Pengendara Motor Tergelincir Saat Melewati Pelintasan KA

Kompas.com - 11/04/2022, 07:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Curah hujan yang kerap terjadi tanpa dapat diprediksi belakangan ini membuat pengemudi harus ekstra hati-hati, terutama bagi pengendara sepeda motor.

Tak terkecuali saat melintasi pelintasan kereta api karena rel yang menonjol dan licin bisa membuat pemotor sulit melewatinya hingga tidak sedikit yang terpeleset.

Seperti video TikTok yang diunggah oleh akun TikTok Berita Kota Bandung. Dalam rekaman tersebut terlihat beberapa pengendara motor yang kesulitan melintasi rel kereta api, bahkan ada yang sampai jatuh karena tergelincir.

Baca juga: Pentingnya Produksi Baterai Kendaraan Listrik di Tanah Air

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, baik musim hujan maupun kemarau, pelintasan kereta api merupakan area yang cukup berbahaya untuk pengendara motor. Menurut Jusri, ada cara aman jika hendak melintasi rel kereta api.

@officialbkb Ada yang pernah ngalamin? #fyp #fypage #fyp??viral #fypp #bandung #beritakotabandung ? suara asli - Berita Kota Bandung

“Pertama, posisikan motor untuk memotong jalur rel, artinya melintas dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit,” ucap Jusri saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Jusri menerangkan, posisi motor harus memotong karena jika miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan (aspal).

Baca juga: Bamsoet Beli Taksi Drone EHang 216 buat Kirim Barang

Kemudian, saat melewati rel kereta api, Jusri mengimbau pengendara untuk segera menurunkan kecepatan sesuai kondisi.

“Setelah itu posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.