Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Mobil Hybrid Terjangkau untuk Indonesia

Kompas.com - 10/04/2022, 04:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memamerkan teknologi Suzuki Smart Hybrid pada gelaran Indonesia International Motor Show yang berlangsung sejak 31 Maret sampai 10 April 2022.

Teknologi tersebut merupakan langkah Suzuki memperkenalkan kendaraan elektrifikasi ke masyarakat Indonesia. Sistem yang diperkenalkan pun terlihat lebih ringkas dan tidak banyak komponen baru yang terlibat dalam sistemnya.

Suzuki sebenarnya masih belum mau mengumumkan kendaraan apa yang akan dijejali dengan sistem hybrid tersebut. Namun, kendaraan yang dipersiapkan nantinya bakal sesuai dengan filosofi dan visi Suzuki yakni kendaraan yang efisien dan harga terjangkau.

Baca juga: Tiga Dominasi Produk Lokal Suzuki Sepanjang 2021

Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)KOMPAS.com/STANLY RAVEL Teknologi Suzuki Smart Hybrid Vehicle System (SHVS)

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS mengatakan, kendaraan baru Suzuki ini juga melihat pangsa pasar di Indonesia di mana 80 persen pembelinya adalah first car buyer, atau yang mencari mobil pertama.

"Saat bicara pembeli pertama, kira-kira menyasar market entry level. Market entry level sendiri juga banyak segmennya, ada city car, low mpv, low suv," ucap Donny kepada awak media, Jumat (8/4/2022).

Kemudian, jika menyasar masyarakat yang mencari mobil pertama, tentu harus diedukasi mengenai teknologi hybrid yang ada di Suzuki. Langkah pertama, teknologi ini bisa diimplementasikan ke produk yang menjadi volume maker di kelasnya.

Baca juga: Buntut Kasus Penipuan Diler Resmi Honda MT Haryono

"Secara keseluruhan, ini butuh proses, jadi kita perkenalkan teknologinya (hybrid) pembedanya tidak terlalu banyak. Harapannya ada proses adaptasi dari konsumen," kata Donny.

Untuk produk nantinya yang akan dibekali dengan sistem hybrid pintar dari Suzuki ini, tinggal tunggu tanggal mainnya. Kabarnya sebentar lagi mobil ini akan dirilis dan satu bocorannya adalah kendaraan penumpang yang jadi volume maker Suzuki di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com