Adu Fitur Honda HR-V dan Hyundai Creta, Mana yang Lebih Canggih?

Kompas.com - 30/03/2022, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sport utility vehicle (SUV) zaman sekarang semakin canggih. Banyak pabrikan yang tidak segan-segan untuk menyematkan banyak fitur pada produknya.

Termasuk Honda HR-V dan Hyundai Creta yang sering kali disandingkan. Kedua mobil ini disebut memiliki fitur yang cukup lengkap di kelasnya.

Baca juga: Membandingkan Interior Honda HR-V dengan Hyundai Creta

Soal fitur, kedua mobil ini bisa dikatakan punya teknologi yang cukup pintar. HR-V dengan Honda Sensing, sementara Creta dengan Hyundai SmartSense.

Interior All New Honda HR-VDoc Honda Interior All New Honda HR-V

Pada Honda Sensing, sudah dibekali dengan berbagai fitur pintar, seperti Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist Sytem (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow, Auto High-Beam Headlights, dan Lead-Car Departure Notification (LCDN).

Sementara Hyundai SmartSense, lebih lengkap dari Honda, mulai dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Safe Exit Warning, Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Baca juga: Komparasi Interior Hyundai Creta Vs Kia Seltos

Soal keamanan, keduanya kurang lebih sama. Sudah dibekali dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Brake Assist (BA), Auto Hold, Electric Parking Brake, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist/Management, dan lainnya. Untuk Hill Descent Control, hanya ada pada HR-V.

Fitur Hyundai CretaKompas.com/Donny Fitur Hyundai Creta

Pada kabin, disematkan juga banyak fitur untuk menunjang kenyamanan, seperti Panoramic Roof, Rear AC Ventilation, Auto AC, panel instrumen full digital, remote engine start, charging port, Android Auto, Apple CarPlay, dan lainnya.

HR-V punya keunggulan dengan Hands-free Access Power Tailgate, Air Diffusion Outlet, dan Honda Lanewatch. Sedangkan Creta, punya keunggulan tersendiri juga, yaitu Wireless Charging, Air Purifier, Ventilated Seat, Cooling Glove Box, dan Bluelink.

Interior All New Honda HR-VDoc Honda Interior All New Honda HR-V

Dengan teknologi Hyundai Bluelink, masih ada banyak fitur tersimpan. Fitur ini terhubung dengan call center Hyundai 7x24 jam apabila berada dalam kondisi darurat.

Tombol Bluelink mengarahkan ke call center untuk Roadside Assistance. Sedangkan tombol SOS, mengarahkan call center SOS untuk keadaan darurat.

Interior Hyundai Creta tipe PrimeKompas.com/Donny Interior Hyundai Creta tipe Prime

Selain itu, tersedia juga aplikasi Bluelink yang menyimpan banyak fitur juga, seperti informasi tentang kondisi mobil, menghidupkan mesin, membuka dan mengunci pintu, menyalakan lampu, membunyikan klakson, dan masih banyak fitur lainnya. Semua tersedia dalam aplikasi yang ada di smartphone.

Jadi, untuk urusan fitur, Hyundai Creta lebih unggul dari All New Honda HR-V. Sebab, hanya Hyundai yang menyediakan aplikasi khusus, dan terdapat tombol Bluelink dan SOS untuk terhubung ke call center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.