Pancaka, Yamaha XSR 155 Custom Chopper

Kompas.com - 29/03/2022, 10:22 WIB


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Empat builder dari Jawa Tengah dan Yogya menampilkan hasil custom motor XSR 155 di event Yard Built Indonesia yang digelar di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Salah satu builder yang tampil dalam ajang kali ini ialah Denny Andrean punggawa Disaster 13. Builder asal asal Semarang, Jawa Tengah ini merancang konsep genre chopper bernama “Pancaka.”

XSR 155 Motoride ?Tour the Java Heritage?Foto: Yamaha XSR 155 Motoride ?Tour the Java Heritage?

"Nama motor ini Pancaka artinya api pembakar, supaya motor ini tetap menyala," kata jandro dalam keterangan resmi, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Jangan Pakai Kuteks buat Samarkan Lecet Bodi Mobil

Tampilan standar XSR 155 berubah drastis. Motor naked tersebut kini "dongak" dengan garpu depan panjang. Tapi tetap memakai sasis deltabox standar bawaan pabrik.

"Untuk Yard Built ini untuk pertama kalinya saya bikin motor dengan deltabox menjadi chopper. Saya ingin memperlihatkan kalau XSR 155 bisa diubah jadi chopper," kata Jandro.

Denny Andrean ?Jandro? (Disaster 13), asal Semarang, JawaTengah, merancang konsep genre chopper bernama ?Pancaka.?Foto: Yamaha Denny Andrean ?Jandro? (Disaster 13), asal Semarang, JawaTengah, merancang konsep genre chopper bernama ?Pancaka.?

Agar proporsinya pas, bentuk tangki dibuat tipis dan memanjang. Berpadu manis dengan jok model tandem. Desain keseluruhan menjalar ke sepatbor belakang dengan ujung naik ala duck tail.

"Untuk custom motor ini lebih ke detailing part, stang tinggi, long fork, tangki bentuk peti mati sebagai tribute momen pandemi saat ini agar segera bebas dari virus Covid-19," kata Jandro.

Baca juga: Hindari Kebakaran, Begini Teknik Modifikasi Audio Mobil yang Aman

Detail pemanis yaitu memakai pelek bentuk bintang dan meski bergenre chopper, Jandro memilih memakai ban tapak kasar buat off road.

Denny Andrean ?Jandro? (Disaster 13), asal Semarang, JawaTengah, merancang konsep genre chopper bernama ?Pancaka.?Foto: Yamaha Denny Andrean ?Jandro? (Disaster 13), asal Semarang, JawaTengah, merancang konsep genre chopper bernama ?Pancaka.?

"Ini akan menjadi satu-satunya XSR 155 chopper dengan konsep ini dari bengkel saya, tidak akan dibuat lagi sebagai apresiasi berkolaborasi dengan Yamaha," katanya.

Jandro mengatakan proporsi motor ini dibangun agar mudah dipergunakan sehari-hari. Dia juga mengatakan suka dengan bentuk akhirnya.

"Rencananya saya ingin touring dengan XSR 155 chopper ini ke Bali," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.