Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Rawat Aki Mobil Sendiri saat Akhir Pekan

Kompas.com - 19/03/2022, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Aki pada mobil menjadi salah satu komponen yang tak bisa dianggap remeh keberadaannya. Karena itu, pemilik kendaraan wajib memperhatikan baik dalam perawatan dan ketika akan melakukan pergantian.

Berfungsi sebagai tempat penyimpan arus listrik layaknya baterai, aki mobil memiliki peran yang vital.

Karena itu, bila ingin melakukan pergantian, ada baiknya memilih jenis yang sesuai, karena bila kurang tepat dapat membuat pasokan arus listrik mobil terganggu.

Ivan Sebastian, owner dari Cakra Motor 11 mengatakan, penggunaan aki yang tidak tidak dapat berimbas pada komponen elektrikal lainnya. Parahnya lagi bisa memperpendek usia komponen kelistrikan.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil per Maret 2022

"Itulah sebabnya, memilih aki mobil pun harus sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Aki mobil juga butuh perawatan, paling mudah dengan mengecek bagian terminal, jika timbul karat atau korosi, bisa gunakan air hangat untuk membersihkannya," ucap Ivan dalam keterangan resminya, Jumat (18/3/2022).

Ganti air aki mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ganti air aki mobil

Selanjutnya, pemilik mobil bisa menggunakan sikat dan bersihkan bagian terminal. Pastikan jangan sampai tidak terpasang secara kencang, jika baut sudah mulai kendur atau kondisinya tak lagi bagus, baiknya diganti dengan yang baru.

Bagi mobil yang jarang dipakai, sebaiknya juga jangan malas untuk rutin memanaskan mesin. Karena dengan memanaskan mobil, maka bisa menjaga agar aki tetap bekerja dengna tujuan suplai listrik tetap tersedia.

Ivan mengatakan, bengkelnya menyediakan ragam merek aki untuk mobil yang dijamin keasliannya. Konsumen juga bisa melakukan pegantian sampai pengecekan yang langsung ditangani mekanik handal.

Baca juga: Cara Cek Keaslian Oli Mobil dari Kemasan

Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi perbaikan mobil di bengkel Auto2000

"Untuk mengetahui kondisi aki mobil, teknisi Cakra Motor 11 dilengkapi alat Battery Load Tester. Alat ini memberikan informasi cukup detail, seperti berapa besaran indikator, voltase atau tegangan dari aki mobil," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com