Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anti-Nyasar, Begini Tips Naik Motor Sambil Baca Maps

Kompas.com - 19/03/2022, 13:22 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi GPS seperti Google Maps dapat menjadi alternatif mudah bagi pemilik kendaraan bermotor untuk mengetahui rute terbaik dalam mencapai tujuan.

Maps seringkali mengarahkan pengemudi untuk melalui jalan yang lebih sepi dan terhindar dari macet. Namun, sepenuhnya mengandalkan aplikasi ini saat berkendara sebenarnya sangat berbahaya.

Baca juga: Kejadian Lagi, Pengendara Motor Masuk Tol gara-gara Salah Lihat Google Maps

Ada banyak kejadian di mana pengendara motor hanya mengandalkan aplikasi GPS tersebut saat berkendara. Misal, kejadian pemotor masuk ke jalan tol akibat mengikuti arahan maps dan malah tidak memperhatikan rambu serta keadaan jalan di sekitarnya.

Atau, seperti yang terjadi pada seorang warga Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Disitat dari Regional.Kompas.com, pengendara motor ini tersesat di hutan akibat belum hafal rute dan mengikuti Google Maps dari telepon genggamnya.

Pemotor tersebut akhirnya berhasil ditolong oleh Tim SAR pada Kamis (17/3/2022) malam.

Ilustrasi pengendara motor wanitaSHUTTERSTOCK Ilustrasi pengendara motor wanita

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, saat membaca maps, pengendara motor tetap harus memperhatikan keadaan jalan di sekitar dan bukan sepenuhnya mengikuti arahan dari maps.

"Dalam membaca maps, sebaiknya pengendara juga harus memperhatikan rute yang dilaluinya. Jangan sampai salah arah atau salah tujuan. Jadi, sebaiknya pelajari dulu rute yang akan dilalui," ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

Dengan memperhatikan keadaan sekitar, pengendara motor bisa melakukan tindakan antisipasi seperti memperlambat kecepatan atau berbalik arah, jika diarahkan ke rute yang salah atau bahkan bukan jalur untuk kendaraan roda dua.

"Jangan juga saat kita berkendara, perhatian kita justru tertuju pada layar handphone, walaupun handphone tersebut telah ditempatkan di dasbor motor kita. Karena, pandangan kita saat berkendara harus selalu melihat jauh ke depan untuk mencari informasi jalan yang akan kita lalui," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com