Ini Pentingnya Manajemen Perjalanan Sebelum Berkendara

Kompas.com - 19/03/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modus kejahatan yang terjadi di jalan raya saat ini masih kerap ditemui oleh pengguna kendaraan bermotor.

Ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh pengemudi mobil untuk menghindari kemungkinan bertemu dengan modus kejahatan selama berkendara.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan pentingnya menyiapkan manajemen perjalanan sebelum berkendara.

Baca juga: Awas, Rawan Tindak Kriminal saat Terjebak Macet di Jalan Raya

"Kalau objektifnya adalah tindakan antisipasi terhadap tindakan kriminal, sangat sederhana dan sudah berulang kali, klasik saya sampaikan. Yaitu, pertama, siapkan atau lengkapi diri Anda dengan sebuah manajemen perjalanan. Artinya, perjalanan Anda harus di-arrange well," ujar Jusri pada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Untuk menghindari kemungkinan berhenti darurat di tengah perjalanan, penting bagi pengemudi untuk memastikan kondisi kendaraan laik jalan. Misal, memeriksa aki, komponen rem, kecukupan bahan bakar, kondisi ban, dan lain sebagainya.

Saat membawa barang berharga, Jusri menjelaskan pentingnya menyimpan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terlihat, seperti di bagasi mobil.

"Kalau kita mobilnya tidak punya bagasi, taruh di tempat di bawah jok atau tidak terlihat," ungkap dia.

kaca film v-koolv-kool kaca film v-kool

Selain itu, penggunaan kaca film dengan mengikuti ketentuan juga dapat membantu menjaga keamanan di dalam kabin, agar tidak menarik perhatian.

"Kalau mobil kita tidak memiliki kaca film, pasang kaca film. Kan ada ketentuannya, kanan-kiri 70, belakang 40, itu masih legal ya. Dengan demikian, tidak menarik perhatian," ucap Jusri.

Baca juga: Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

Terakhir, Jusri mengatakan pentingnya merencanakan rute perjalanan sebelum berkendara.

"Pilih rute-rute perjalanan yang diketahui dan tidak terlaporkan sebagai spot-spot kiriminal. Terus, pilih waktu perjalanan,"katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.