Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Parkir Sepeda Motor yang Aman agar Tidak Dicuri Maling

Kompas.com - 19/03/2022, 12:05 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tindakan pencurian motor (curanmor) masih kerap terjadi, khususnya jika motor diparkir di tempat yang tidak aman seperti di pinggir jalan atau daerah parkiran yang sepi.

Pelaku curanmor juga biasanya bekerja dengan cepat dan tidak beraksi sendiri. Umumnya, pelaku menggunakan kunci letter T untuk membobol motor. Ini mempermudah pelaku untuk mencuri motor, sekalipun motor sudah dikunci setang.

Baca juga: Hoaks atau Fakta Tikus Gemar Membuat Sarang di Mesin Motor?

Dikutip dari Megapolitan.Kompas.com, baru-baru ini sebuah sindikat curanmor yang kerap beraksi di CIlincing ternyata sudah delapan kali menjalankan aksinya, yang dijalankan mulai dari sore hingga malam hari.

"Hanya butuh waktu 5 menit (untuk mengambil motor), lebih dari 5 menit ditinggal. Mereka menggunakan kunci letter T (saat beraksi)," jelas Kapolsek CIlincing Kompol Robinson Manurung, seperti dikutip Kompas.com.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempersulit pelaku curanmor. Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, salah satu caranya ialah dengan mengunci setang sepeda motor ke arah kanan.

"Sebenarnya jika kita sedang menggunakan standar samping di motor, agar tidak mudah roboh ketika parkir setang dibelokkan ke kiri, namun karena maraknya pencurian motor jadi untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T maka setang sebaiknya belok ke kanan," ucap Agus.

Ilustrasi parkir motor di bandaraDIMAS PRADOPO Ilustrasi parkir motor di bandara
Walaupun tindakan ini bisa mempersulit, Agus menegaskan, ini tetap tidak bisa menjadi jaminan motor aman dari pencurian. Perlu ada tindakan pengamanan lain, seperti pemasangan gembok tambahan pada motor.

Baca juga: Hari Pertama MotoGP Mandalika Diklaim Berjalan Lancar

"Jadi lebih aman adalah gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor agar lebih aman dari pencurian. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor agar terhindar dari pencurian," kata dia.

Terakhir, perhatikan juga lokasi parkir motor. Pastikan motor diparkir di tempat yang sepi dan rawan, tetapi usahakan parkir di tempat yang memiliki petugas parkir untuk memantau area parkir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com