Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Astra Honda Start Baris Kedua di IATC Mandalika

Kompas.com - 19/03/2022, 11:04 WIB
Azwar Ferdian

Editor

 

Mandalika, KOMPAS.com – Dua pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Reykat Yusuf Fadillah dan Aan Riswanto akan memulai balap di posisi keempat dan kelima, dalam lanjutan seri Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Mandalika International Street Circuit.

Reykat membukukan waktu tercepat 1 menit 54,018 detik setelah melahap 10 lap. Berbeda tipis, Aan mencatatkan waktu tercepat 1 menit 54,382 detik yang dicapai pada lap ke-7 dari 14 putaran yang dilaluinya.

Posisi start yang baik ini memunculkan harapan, pebalap Indonesia untuk mengibarkan Merah Putih di Mandalika.

Baca juga: Pebalap Asing Yamaha VR46 Master Camp Team Cicip Makanan Lokal

”Hari ini saya coba memaksimalkan hasil adaptasi latihan bebas kemarin dan pengalaman saya di tahun lalu di Mandalika. Meski kualifikasi berjalan dalam kondisi basah, tidak mengendurkan semangat untuk meraih catatan waktu terbaik. Saya memang sempat kehilangan kendali di 5 menit terakhir dan terjatuh. Tapi catatan waktu ke 4 ini, buat saya cukup bagus untuk modal di balapan nanti,” ujar Reykat.

Sementara itu, Aan yang berhasil meraih top 5 meski dalam kondisi trek yang kurang ideal, Aan mengatakan terus mencoba memanfaatkan sesi kualifikasi tersebut dengan baik.

Pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) Veda Ega Pratamadok AHM Pebalap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) Veda Ega Pratama

Veda Jatuh

Veda Ega Pratama, pebalap 13 tahun yang meraih podium ketiga pada seri pertama di Qatar, terjatuh dan mengalami high side di tikungan keempat saat menjalani sesi kualifikasi lap keempat.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Indonesia; Marquez Tercepat, Pebalap VR46 Mengejutkan

Pebalap asal Gunung Kidul itu sempat membukukan catatan waktu cukup baik dan berada di peringkat ke-12. Namun sayang, cedera yang dialami membuat dirinya harus menepi dan tidak balapan.

”Saya harus menyelesaikan race week dengan lebih cepat karena saya mengalami retak di pergelangan tangan kiri, sehingga tidak diizinkan mengikuti race di Mandalika. Semoga saya bisa segera pulih dan kembali ke lintasan balap untuk kembali mengharumkan nama Indonesia,” ujar Veda.

Sedangkan Muhammad Diandra Trihardika akan start di posisi ke-16 setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 56,923 detik. Pebalap wildcard yang juga dibawa AHM ke Mandalika, Zachry Akbar harus puas memulai balapan di posisi ke-19.

Balapan pertama IATC seri Mandalika akan dimulai pada pukul 16:25 WITA. Keesokan harinya, balapan kedua akan berlangsung pada pukul 09:00 WITA. Dukungan masyarakat Indonesia diharapkan membuat semangat para pebalap semakin berlipat dan meraih hasil terbaik untuk membanggakan bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com