Jelang Euro 4 dan Nasib Pengusaha yang Masih Pakai Truk Lawas

Kompas.com - 19/03/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Implementasi regulasi kendaraan bermesin diesel harus lolos standar emisi Euro4 akan segera berlaku. Nantinya, per 7 April 2022 kendaraan bermesin diesel yang dijual atau diproduksi di Indonesia harus sesuai standar emisi tersebut.

Sedangkan saat ini, kendaraan niaga yang didominasi mesin diesel yang dijual di Indonesia masih berstandar Euro 2. Tentu saja dengan adanya regulasi tersebut, tidak akan ditemui lagi kendaraan diesel dengan emisi Euro2 yang dijual, semuanya sudah wajib lolos Euro 4.

Lalu bagaimana untuk para pengusaha angkutan yang memiliki truk dengan standar emisi Euro 2, apakah masih boleh beroperasi?

Baca juga: Kesiapan Isuzu Sambut Euro 4, dari Produk sampai Purnajual

Sektor logistikPT Isuzu Astra Motor Indonesia Sektor logistik

Arvin P. Sumbung, Product Marketing Manager PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengatakan, peraturan Euro 4 ini cuma berlaku untuk para Agen Pemegang Merek (APM) atau produsen.

“Yang diatur itu pihak APM atau produsen. Jadi para produsen sejak 7 April 2022 itu cuma boleh memproduksi kendaraan dengan standar emisi Euro 4,” ucap Arvin dikutip dari Youtube Kompas Otomotif, Jumat (18/3/2022).

Baca juga: Kasus Warga Tertipu Tiket Bodong MotoGP, Ini Kata MGPA

Sedangkan customer atau pemilik armada, tidak perlu melakukan upgrade ke Euro 4. Jadi para pengusaha masih bisa menggunakan kendaraan dengan standar emisi Euro 2.

“Tapi kalau mau peremajaan atau penambahan unit, mau enggak mau stok yang tersedia hanya kendaraan yang Euro 4 sejak 7 April 2022,” kata Arvin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.