Penjualan Mobil Anjlok di Awal Tahun

Kompas.com - 17/03/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan kendaraan bermotor roda empat atau lebih di dalam negeri mengalami penurunan pada awal tahun 2022.

Padahal kala itu, pemerintah telah memperpanjang masa pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) meskipun lebih selektif dibandingkan tahun lalu.

Ketua I Gaikindo Yohannes Nangoi menyatakan hal tersebut dikarenakan beberapa aspek. Khusus pada penjualan ritel, yang merujuk pada tabel untuk NJKB, ada sedikit hambatan penetapan acuran harga OTR.

Baca juga: BMW Sebut Target Jualan X3 Rakitan Lokal Tak Terbatas

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

"Terus terang kalau retail sales itu karena tabel untuk NJKB. Jadi karena dari off-the road menjadi on-the road harus dilaporkan ke Kepolisian, tarifnya sesuai masing-masing Polda dan Gubernur setempat," kata dia belum lama ini.

"Tapi dari wholesales itu masih tinggi, Jadi intinya karena tidak bisa pakai on-the road sehingga pakai nomor sementara terus. Tapi nanti mudah-mudahan di April 2022 sudah oke," lanjut Nangoi.

Adapun mengenai dampak dari pemberian insentif PPnBM tahun ini, ia mengaku bahwa perkembangannya cukup positif. Walaupun memang di data belum begitu terlihat karena putusan baru keluar di akhir Februari.

Walau demikian, Nangoi mengaku masih optimis untuk bisa mencapai total target penjualan tahun ini yaitu 900.000 unit.

Baca juga: Pameran Jakarta Auto Week 2022 Sepi Pengunjung, Ini Komentar Gaikindo

Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWA Ilustrasi penjualan mobil.

"Insentif kan berlaku susut ya, jadi yang beli Januari dan Februari 2022 juga akan diberikan keringanan serupa walau turun Juknis-nya di akhir Februari kemarin," kata dia.

Melansir data Gaikindo, penjualan roda empat secara wholesales (pabrik ke dealer) pada Februari 2022 turun sebesar 3,4 persen dari Januari 2022 sebesar 81.228 unit.

Sedangkan dari penjualan retail (dealer ke konsumen) penjualan turun lebih besar, yaitu 10,9 persen dari 78.567 unit pada Januari 2022, jatuh menjadi 69.989 unit pada Februari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.