Kompas.com - 16/03/2022, 12:08 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Grand Prix of Indonesia akan berlangsung akhir pekan ini pada 18-20 Maret 2022. Menyambut pergelaran tersebut, para pebalap MotoGP melakukan parade di Jakarta.

Ada 20 pebalap yang ikut serta dalam parade pada Rabu (16/3/2022), terdiri dari 16 pebalap MotoGP, dua pebalap Moto2, satu pebalap Moto3, dan satu pebalap Asia Talent Cup (ATC).

Para pebalap melakukan start parade sekitar pukul 10.00 WIB dari Istana Negara. Kemudian melewati Jalan MH Thamrin, dilanjutkan ke Bundaran HI, setelah itu finis dan masuk ke Hotel Kempinski.

Sebelum start dari Istana Negara, para pebalap sempat beramah-tamah dengan Presiden RI Joko Widodo. Presiden Jokowi menyambut pebalap dengan antusias dan menyempatkan diri berfoto bersama.

Baca juga: Jokowi Ungkap 60.000 Tiket MotoGP Mandalika 2022 Sudah Habis

Ada momentum ketika Jokowi terlihat berbincang dengan Marc Marquez sambil memperlihatkan motor custom tunggangannya, yaitu Kawasaki W175 warna hijau yang dipakai saat menjajal Jalan Bypass BIL-Mandalika, Januari 2022.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Marc MarquezYoutube Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo berbincang dengan Marc Marquez

Motor bergaya bobber warna hijau metalik tersebut merupakan karya Katros Garage yang bermarkas di Tangerang Selatan. Motor tersebut sudah tiga kali dirombak. Pertama, bergaya chopper pada 2018, kemudian chopper racer dan selanjutnya bobber.

Andi Akbar, penggawa Katros Garage, mengatakan, pembuatan motor ini tanpa kendala karena dirinya sudah paham dengan selera Jokowi.

Baca juga: Bukan Pakai Motor Balap MotoGP, Ini Daftar Motor yang Digunakan Parade

"Kalau untuk ubahan, saya coba konsep baru bergenre bobber. Kami tambahkan suspensi di bawah jok supaya nyaman saat Bapak kendarai."

"Secara keseluruhan fairing dilepas karena memang bukan gayanya, enggak akan nyambung jika dipaksakan dipakai di jalan raya," kata dia, beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk warna, pihak Atenx, panggilannya, sengaja tidak mengubah warna hijau yang sudah ada.

"Kami paham betul dengan regulasi di jalan raya dengan tetap menggunakan warna dasar hijau, walaupun kali ini hijaunya kami padukan dengan silver," kata Atenx.

Spesifikasi motor Jokowi:
Kawasaki W175-2018
Kapasitas Jumlah Silinder : 177 cc
Jumlah Silinder : 1
Transmisi : Manual, 5 tingkat percepatan
Ban depan & belakang : 5.00-16
Pelek depan : Aluminium 3.00-16
Pelek belakang : Aluminium 3.50-16
Lampu belakang : Aftermarket
Lampu Sein : Aftermarket LED
Tutup Tangki : Custom Duralium
Tangki : Stock Custom W175
Spatbor depan :Handmade Plat galvanis 1,2 mm
Spatbor belakang : Handmade Plat galvanis 1,2 mm
Jok : Handmade custom dengan link teknis suspense
Kulit jok : Kulit sintetis hitam
Knalpot : Standar Kawasaki W175
Velocity stuck : Handmade
Spion : Aftermarket
Speedometer : Aftermarket
Stang : Model Drag Bar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.