Kompas.com - 16/03/2022, 12:04 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia bakal berlangsung akhir pekan ini, tepatnya pada 18-20 Maret 2022. H-2 acara tersebut, tiket yang disiapkan bagi penonton MotoGP diklaim sudah habis.

Presiden Joko Widodo, mengatakan, sebanyak 60.000 tiket untuk perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika sudah habis.

“Kita tahu juga bahwa target tiket yang kita berikan 60.000 alhamdulilah sudah terjual. Saya harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita,” ujar Jokowi di Jakarta (16/3/2022).

Baca juga: Jelang MotoGP Mandalika, Status PPKM di NTB Level 1

Menurut Jokowi, dengan diselenggarakannya MotoGP Mandalika, artinya Indonesia sudah sejajar dengan negara-negara lain yang berhasil menggelar ajang MotoGP.

Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok. Dok. Chaerul Manek Ismail/Shutterstock.com Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok.

Selain itu, Indonesia juga sudah memiliki Sirkuit Mandalika yang kualitasnya sudah diakui dunia internasional.

Perihal keuntungan yang akan diterima negara dari pariwisata perhelatan MotoGP tersebut, Jokowi belum bisa memastikan berapa jumlah yang akan diterima.

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

“Kalau event-nya sudah selesai berapa kira-kira yang masuk penontonnya baru dihitung. Setelah event-nya selesai dulu ya di hari Minggu,” ucap Jokowi.

Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit. AFP/BAY ISMOYO Foto udara dari Pertamina Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika. Gambar diambil pada 17 November 2021. Tampak dalam gambar, areal permukiman yang masih ada di tengah sirkuit.

“Tapi yang jelas dari sisi akomodasi hotel memang kita masih butuh banyak sekali di Mandalika,” kata dia.

Seperti diketahui, parade pebalap MotoGP resmi dilepas Jokowi dari Istana Merdeka, Jakarta Pusat, menyusuri Jalan Merdeka Utara, berlanjut ke Jalan Merdeka Barat, lalu masuk Jalan MH Thamrin, dan berakhir di Hotel Kempinski di Bundaran HI.

Selain para pebalap, di belakangnya terdapat puluhan pengendara sepeda motor yang ikut dalam iring-iringan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.