Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Motor Balap untuk MotoGP, Ini Daftar Motor yang Digunakan Parade

Kompas.com - 16/03/2022, 11:57 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Parade pebalap di Jakarta diklaim sebagai yang terbesar pernah dilakukan sepanjang pergelaran MotoGP. Total ada 20 pebalap yang memeriahkan parade tersebut.

Dari 20 pebalap tersebut, 16 pebalap di antaranya dari kelas MotoGP, dua pebalap dari Moto2, satu pebalap dari Moto3, dan satu pebalap dari Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

Baca juga: Masuk ke Race Control Sirkuit Mandalika, Pusat Kendali Balapan

Sebelumnya, sempat dikabarkan bahwa para pebalap tersebut akan menggunakan motor balap MotoGP. Namun, ternyata yang digunakan adalah motor produksi massal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Para pebalap Honda, yakni Marc Marquez, Pol Espargaro, Alex Marquez, dan Takaaki Nakagami, terlihat menggunakan motor replika MotoGP. Motor yang digunakan adalah RC213V-S.

Untuk pebalap Yamaha, hanya diwakilkan oleh tim satelitnya, yakni WithU Yamaha RNF, dengan dua pebalapnya, Andrea Dovizioso dan Darryn Binder. Kedua pebalap ini terlihat mengendarai YZF-R1.

Baca juga: Optimistis di Mandalika, Gresini Racing Yakin Dapat Banyak Dukungan

Adapun para pebalap Ducati secara lengkap dihadiri tim pabrikan dan tim satelitnya, yaitu Francesco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, Jorge Martin, Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio, Luca Marini, dan Marco Bezzecchi.

Parade pebalap MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022)Dio Dananjaya/Kompas/com Parade pebalap MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022)

Bagnaia dan Miller terlihat menggunakan Ducati Panigale V2, sedangkan Martin dan Zarco mengendarai Ducati 1199 Panigale S Tricolore.

Bastianini terlihat menggunakan Ducati 1199 Panigale. Sementara itu, Di Giannantonio mengendarai Ducati 848 Evo atau 1098 R. Kedua motor tersebut sudah menggunakan livery Gresini Racing.

Sedangkan Marini dan Bezzecchi terlihat menggunakan menggunakan Ducati 1199 Panigale.

Rombongan pebalap yang mengikuti parade MotoGP dari arah Istana Negara tiba di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Rabu (16/3/2022).KOMPAS.com/TRIA SUTRISNA Rombongan pebalap yang mengikuti parade MotoGP dari arah Istana Negara tiba di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Rabu (16/3/2022).

Hanya pebalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, yang terlihat menggunakan motor sport berkapasitas 250 cc. Motor yang digunakan adalah Suzuki Gixxer SF 250.

Adapun pebalap Moto2 diwakilkan oleh Pertamina Mandalika SAG Team dengan pebalapnya Bo Bendsneyder dan Gabriel Rodrigo. Kedua pebalap ini juga tampak mengendarai Ducati 848 Evo atau 1098R.

Terakhir, tak ketinggalan ada juga yang perwakilan pebalap Indonesia, yakni Mario Suryo Aji dari kelas Moto3 dan Veda Ega Pratama dari kejuaraan IATC. Kedua pebalap muda ini mengendarai Honda CBR250RR.

Sebanyak 20 pebalap MotoGP turut serta dalam parade MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade dari depan Istana Merdeka menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat ini sebagai rangkaian acara sebelum memulai balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Sebanyak 20 pebalap MotoGP turut serta dalam parade MotoGP di Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade dari depan Istana Merdeka menuju Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat ini sebagai rangkaian acara sebelum memulai balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (20/3/2022).

Sebelum memulai parade, para pebalap ini mendapat jamuan di Istana Merdeka yang disambut langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Pertamina Grand Prix of Indonesia akan digelar pada akhir pekan ini, 18-20 Maret 2022, di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Video Parade Pebalap MotoGP:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com