Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Motor Retro Benelli Imperiale 400 Beraktivitas Harian di Jakarta

Kompas.com - 15/03/2022, 11:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen retro klasik punya penggemar yang terjaga di Indonesia. Karena itu beberapa produsen setia menawarkan motor berpenampilan jadul.

Salah satu yang terjun di segmen motor retro klasik ialah Benelli Imperiale 400. Lewat tampilan klasik yang memikat, motor ini hadir mengisi celah di segmen motor retro klasik kelas 400cc.

Pada tulisan sebelumnya Kompas.com sudah membahas soal desain dan fitur, maka kali ini soal rasa berkendara, poin paling penting dalam rancang bangun dan kenyamanan saat naik motor.

Baca juga: Siap-siap, April 2022 Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol

Benelli Imperiale 400 KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Punya tampilan retro posisi duduknya nyaman. Imperiale 400 punya tinggi jok 780 mm. Kaki pengendara Kompas.com dengan tinggi 168 cm dan berat 71 kg hampir menapak sempurna.

Posisi setang bisa diangkau dengan nyaman dan punya lebar yang pas. Posisi kaki cukup nyaman, tidak terlalu menjulur ataupun menekuk.

Kunci kontak diputar, pencet tombol start dan mesin menyala. Hal pertama yang dirasakan ialah putaran mesinnya tinggi menyentuh 2.000 rpm lebih sedikit, tapi setelah idle turun ke 1.500 rpm.

Benelli Imperiale 400 Benelli Imperiale 400 Benelli Imperiale 400

Saat mesin idle suara mesin 400cc cukup menyenangkan dan adem. Kemudian getarannya cukup terasa tapi bukan artinya bergetar hebat. Getarannya lebih terasa seperti karakter motor itu sendiri.

Baca juga: Tampilan Sporty, Toyota Klaim Varian GR Sport Paling Laris

Gas diputar dan motor berjalan. Hal pertama yang dirasakan ialah pengendalian setang yang "antep." Saat baru jalan mungkin berpikir sedikit berat, tapi ke depan jadi keunggulan tersendiri.

Setang yang "antep" ini membuat stabilitas motor lebih enak baik saat kecepatan rendah ataupun tinggi.

Benelli Imperiale 400KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Busa joknya terbilang padat tapi tidak sampai keras. Di bawah jok ada per ala motor jadul, membuat bantingannya jadi lebih lembut.

Baca juga: Alasan Toyota Belum Jual Parts GR Performance di Indonesia

Saat jalan motor terasa nyaman motor terasa nyaman dan stabil. Bisa dikatakan motor enak buat cruising. 

Secara tampilan ban model jadul ini meningkatkan kesan retro yang diusung. Ban model ini jagoan buat melibas air karena tapaknya mudah membuang air, tapi buat belok takut meleset.

Benelli Imperiale 400 KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Baca juga: Tampilan Sporty, Toyota Klaim Varian GR Sport Paling Laris

Saat berkendara tarikan motor terasa padat dari putaran bawah dan menengah. Kompas.com tidak menggeber hingga kecepatan puncak, tapi cukup mudah menggapai 100 kpj.

Kesimpulan

Segmen motor retro klasik tetap punya penggemar tersendiri. Keunggulan Imperiale 400 ialah punya tampilan yang menarik. Desain klasik warna hitam hampir di sekujur tubuh asik dipandang.

Benelli Imperiale 400KOMPAS.com/Gilang Benelli Imperiale 400

Dengan banderol Rp 87 juta on the road (OTR) Jakarta, Imperiale 400 bisa jadi alternatif bagus buat yang mau main motor retro. Harganya pun bisa dibilang terjangkau di kelasnya.

Pasalnya dengan harga demikian sebetulnya beda sekitar Rp10 juta-Rp 12 jutaan dari motor sport full fairing 250cc tapi sudah dapat moge kelas 400cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com