Toyota Akui Ada Hambatan Pasokkan Kendaraan Listrik ke Indonesia

Kompas.com - 12/03/2022, 20:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, menggatakan bahwa saat ini terdapat pembatasan pasokkan baterai untuk kendaraan bermotor listrik.

Sehingga, ketersediaan mobil ramah lingkungan untuk seluruh model Lexus di Indonesia cukup terbatas. Namun, pada keadaan terkini, dampaknya belum cukup signifikan.

"Sekarang di seluruh dunia, tidak hanya Indonesia saja, masalah baterai ada pembatasan. Tidak hanya bicara soal semikonduktor saja," kata dia dalam peluncuran All New Lexus NX di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

Baca juga: Ramaikan JAW 2022, Toyota Tak Pasang Target Khusus

All New Lexus NX 450h+KOMPAS.com/Ruly All New Lexus NX 450h+

"Total untuk kendaraan bermotor yang menggunakan baterai, karena masih terbatas, kita dapat puluhan unit, sekitar 20-30 unit. Ini mixed ya," lanjut Anton.

Tetapi dalam kesempatan sama, ia tidak merinci pasokkan mobil listrik tiap modelnya. Meski begitu, dipastikan kebutuhan pasar dalam negeri untuk kendaraan dimaksud masih bisa terpenuhi.

Anton berharap, kondisi atas pembatasan pasokkan kendaraan listrik ke Indonesia bisa cepat pulih sediakala. Sehingga, perseroan bisa semakin gencar untuk merangsang daya beli masyarakat pada mobil jenis itu.

"Harapan kita, pasokkan hybrid-nya akan lebih banyak karena mungkin dari sisi permintaan pasar akan kebanyakan di sana. Tapi untuk saat ini, mungkin komposisinya masih kecil daripada tipe gasoline," katanya.

Baca juga: Penjualan Mobil Baru di Februari 2022 Turun Tipis, Ini 10 Merek Terlaris

Lexus UX 300eKOMPAS.com/GILANG SATRIA Lexus UX 300e

Adapun perkembangan pasar elektrifikasi di merek Lexus sendiri, disebut sudah cukup baik. Bahkan pada model battery electric vehicle (BEV) yaitu UX300e, tiap bulannya bisa terjual 1-2 unit.

"Sehingga, sekarang sudah jalan dan mobil listrik sudah cukup umum di segmen premium. Angka penjualan itu di tengah kondisi supply yang relatively masih sedikit, ya," ucap Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.