Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Dasbor Mobil Hangus Terbakar Akibat Korek Gas Meledak

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan dasbor mobil terbakar akibat korek gas yang meledak.

Dalam rekaman tersebut, nampak dasbor meleleh, kaca depan retak, dan area plafon mobil juga terbakar.

“Ini gara-gara korek api yang, di taruh di dasbor terus kena panas, jadi meleduk. Kepanasan, kejemur, terus meleduk semuanya. Pokoknya hati-hati ya teman-teman kalau menaruh korek api di dasbor jangan ditinggalin diambil aja,” ucap wanita yang merekam video tersebut.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, hal tersebut sangat mungkin terjadi, sebab, korek gas merupakan bahan yang bisa memicu kebakaran di dalam mobil.

Terlebih jika mobil tersebut parkir di ruang terbuka di bawah cuaca terik dalam waktu lama.

“Korek gas yang terpapar panas tinggi di dalam mobil, menyebabkan gas menjadi panas dan bertekanan sehingga dapat meledak,” ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (12/3/2022).

Head of Marketing Product Planning Division (MPPD) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, perangkat elektronik yang memiliki baterai dengan berbahan lithium sebaiknya tidak ditinggalkan di dalam mobil, contohnya handphone dan powerbank.

“Handphone atau powerbank, bahkan baterai ABC yang kecil saja sebenarnya tidak boleh diekspos terhadap panas berlebih,” kata Anjar.

Anjar melanjutkan, kebakaran besar yang terjadi pada mobil faktor utamanya justru bukan dari gawai yang meledak. Namun karena kecerobohan pengemudi yang menaruh gawai di sembarang tempat seperti di jok mobil atau dasbor.

“Padahal ledakan gawai sebenarnya hanya menghasilkan percikan api yang tidak terlalu besar, namun karena banyak komponen mobil yang mudah terbakar maka api cepat tersambar sehingga bisa sampai membakar seluruh mobil,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/13/074100715/video-dasbor-mobil-hangus-terbakar-akibat-korek-gas-meledak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke