Kompas.com - 08/03/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan belajar mengendarakan motor, pengendara motor bisa memilih untuk berlatih menggunakan motortransmisi matik ataupun transmisi manual.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jenis motor yang sebenarnya mudah untuk dipakai berlatih adalah motor matik.

"Motor matik, karena hanya menggunakan tangan untuk mengoperasikan kendaraannya," jelas Agus pada Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Ini Riding Gear yang Wajib Dibawa Pengendara Motor

Saat berlatih menggunakan motor matik, pengendara hanya perlu fokus pada operasional gas dan rem. Sedangkan pada motor manual, pengendara juga harus memperhatikan letak kaki dan penggunaan instrumen lain seperti rem kaki dan gigi motor.

Namun, jika seseorang mulai belajar motor dengan motor manual, akan lebih mudah untuknya jika ingin menggunakan motor matik. Jika belajar motor matik terlebih dahulu, penyesuaian membawa motor manual akan lebih sulit.

Perlu ada pembiasaan terlebih dahulu, namun akan terlampau lebih mudah jika seseorang yang belajar motor manual ingin membawa motor matik.

Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?freepik.com Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?

"Menggunakan motor manual (untuk berlatih) juga lebih baik lagi, sehingga pengendara bisa pindah ke motor matik tanpa harus belajar ulang. Haya sedikit beradaptasi saja dengan instrumen di motor tersebut," ujar Agus.

Apapun motor yang dipilih, Agus menekankan pentingnya perlengkapan berkendara yang dipakai. Tujuannya, agar pengendara motor terbiasa untuk memakai perlengkapan tersebut saat nanti sudah berkendara ke jalan raya.

Baca juga: Ini Daftar Mobil Bekas yang Kurang Dilirik Pembeli

Masih banyak orang tidak terbiasa menggunakan riding gear yang lengkap, seperti sepatu khusus berkendara, helm, jaket hingga sarung tangan. Padahal, perlengkapan ini sangat berguna untuk menjaga tubuh pengendara saat terjadi kecelakaan.

"Yang paling penting, ketika belajar berkendara, pengendara harus selalu diingatkan bahwa perlengkapan berkendara atau riding gear merupakan peralatan yang sangat penting untuk digunakan ketika berkendara, agar mereka terbiasa untuk menggunakannya ketika berkendara di jalan raya," tegas Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.