Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Belajar Motor, Lebih Baik Pakai Manual atau Matik?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan belajar mengendarakan motor, pengendara motor bisa memilih untuk berlatih menggunakan motortransmisi matik ataupun transmisi manual.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jenis motor yang sebenarnya mudah untuk dipakai berlatih adalah motor matik.

"Motor matik, karena hanya menggunakan tangan untuk mengoperasikan kendaraannya," jelas Agus pada Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Saat berlatih menggunakan motor matik, pengendara hanya perlu fokus pada operasional gas dan rem. Sedangkan pada motor manual, pengendara juga harus memperhatikan letak kaki dan penggunaan instrumen lain seperti rem kaki dan gigi motor.

Namun, jika seseorang mulai belajar motor dengan motor manual, akan lebih mudah untuknya jika ingin menggunakan motor matik. Jika belajar motor matik terlebih dahulu, penyesuaian membawa motor manual akan lebih sulit.

Perlu ada pembiasaan terlebih dahulu, namun akan terlampau lebih mudah jika seseorang yang belajar motor manual ingin membawa motor matik.

"Menggunakan motor manual (untuk berlatih) juga lebih baik lagi, sehingga pengendara bisa pindah ke motor matik tanpa harus belajar ulang. Haya sedikit beradaptasi saja dengan instrumen di motor tersebut," ujar Agus.

Apapun motor yang dipilih, Agus menekankan pentingnya perlengkapan berkendara yang dipakai. Tujuannya, agar pengendara motor terbiasa untuk memakai perlengkapan tersebut saat nanti sudah berkendara ke jalan raya.

Masih banyak orang tidak terbiasa menggunakan riding gear yang lengkap, seperti sepatu khusus berkendara, helm, jaket hingga sarung tangan. Padahal, perlengkapan ini sangat berguna untuk menjaga tubuh pengendara saat terjadi kecelakaan.

"Yang paling penting, ketika belajar berkendara, pengendara harus selalu diingatkan bahwa perlengkapan berkendara atau riding gear merupakan peralatan yang sangat penting untuk digunakan ketika berkendara, agar mereka terbiasa untuk menggunakannya ketika berkendara di jalan raya," tegas Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/08/173100815/belajar-motor-lebih-baik-pakai-manual-atau-matik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke