Kompas.com - 04/03/2022, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana penerapan standar Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel akan segera direalisasikan. Nantinya, semua pabrik kendaraan hanya boleh memproduksi kendaraan dengan standar Euro 4.

Penerapan standar emisi Euro 4 ini harus dilakukan di Indonesia. Mengingat akan banyak dampak positif dari diterapkan standar emisi yang lebih tinggi, misalnya seperti berkurangnya produksi gas rumah kaca.

Salah satu pabrikan otomotif yang telah bersiap menyambut kebijakan tersebut adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). Pihaknya sudah mempersiapkan rekan-rekan di cabang dealer Toyota untuk mengaplikasikan Euro 4 yang akan datang.

Baca juga: Viral, Syarat Beli Fortuner 2.8 Harus Isi Bahan Bakar Berstandar Euro 4

Dimas Aska, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pada dasarnya Toyota maupun pabrikan lain sebagai penyedia kendaraannya pastinya akan menyesuaikan dengan regulasi yang ada.

Di mana Regulasi Euro 4 ini bertujuan untuk mengurangi emisi, yang penerapannya datang dari spesifikasi kendaraan dan juga Bahan bakar yang digunakan.

Toyota Fortuner 2.800 ccKompas.com/AdityoWisnu Toyota Fortuner 2.800 cc

“Pasti kita akan support, karena salah satu tujuannya mengurangi emisi tadi, sehingga dari kami apa yang bisa dilakukan adalah nantinya menyesuaikan spesifikasi agar bisa sejalan dengan aturan tersebut, tentu dengan harapan impact salah satunya ke emisi buang akan lebih baik,” ucap Dimas, kepada Kompas.com (2/3/2022).

Dimas melanjutkan, pihaknya juga sudah memikirkan dampak dari kebijakan tersebut salah satunya adalah mengenai kesiapan pasar.

Baca juga: Razia Uji Emisi di DKI Jakarta Masih Berjalan, Ini Tujuannya

“Keterkaitan pada saat penerapan soal ketersediaan bahan bakar, oleh karena itu penting buat kami bersama rekan rekan di dealer bisa memberikan sosialisasi untuk membantu penyampaian informasinya baik soal nanti spesifikasi yang disesuaikan maupun mungkin cara pakai dengan adanya nanti regulasi baru tersebut,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.