Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Toyota Sambut Implementasi Euro 4

Kompas.com - 04/03/2022, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana penerapan standar Euro 4 pada kendaraan bermesin diesel akan segera direalisasikan. Nantinya, semua pabrik kendaraan hanya boleh memproduksi kendaraan dengan standar Euro 4.

Penerapan standar emisi Euro 4 ini harus dilakukan di Indonesia. Mengingat akan banyak dampak positif dari diterapkan standar emisi yang lebih tinggi, misalnya seperti berkurangnya produksi gas rumah kaca.

Salah satu pabrikan otomotif yang telah bersiap menyambut kebijakan tersebut adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). Pihaknya sudah mempersiapkan rekan-rekan di cabang dealer Toyota untuk mengaplikasikan Euro 4 yang akan datang.

Baca juga: Viral, Syarat Beli Fortuner 2.8 Harus Isi Bahan Bakar Berstandar Euro 4

Dimas Aska, Head of Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pada dasarnya Toyota maupun pabrikan lain sebagai penyedia kendaraannya pastinya akan menyesuaikan dengan regulasi yang ada.

Di mana Regulasi Euro 4 ini bertujuan untuk mengurangi emisi, yang penerapannya datang dari spesifikasi kendaraan dan juga Bahan bakar yang digunakan.

Toyota Fortuner 2.800 ccKompas.com/AdityoWisnu Toyota Fortuner 2.800 cc

“Pasti kita akan support, karena salah satu tujuannya mengurangi emisi tadi, sehingga dari kami apa yang bisa dilakukan adalah nantinya menyesuaikan spesifikasi agar bisa sejalan dengan aturan tersebut, tentu dengan harapan impact salah satunya ke emisi buang akan lebih baik,” ucap Dimas, kepada Kompas.com (2/3/2022).

Dimas melanjutkan, pihaknya juga sudah memikirkan dampak dari kebijakan tersebut salah satunya adalah mengenai kesiapan pasar.

Baca juga: Razia Uji Emisi di DKI Jakarta Masih Berjalan, Ini Tujuannya

“Keterkaitan pada saat penerapan soal ketersediaan bahan bakar, oleh karena itu penting buat kami bersama rekan rekan di dealer bisa memberikan sosialisasi untuk membantu penyampaian informasinya baik soal nanti spesifikasi yang disesuaikan maupun mungkin cara pakai dengan adanya nanti regulasi baru tersebut,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com