Kompas.com - 24/02/2022, 16:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comFormula E Jakarta dijadwalkan bakal digelar pada 4 Juni 2022. Lokasinya pun telah ditentukan, yakni di kawasan Ancol. Sebuah sirkuit jalan raya pun dibangun di sana sejak awal Februari 2022.

Kini pengerjaan sirkuit Formula E telah memasuki hari ke-21, dari target sesuai kontrak kerja mencapai 54 hari, yang dikerjakan mulai 3 Februari 2022.

“Rencananya kami per hari ini adalah 19,69 persen, tapi saat ini mencapai 28,50 persen,” ujar Ari Wibowo, Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, disitat dari Antara (24/2/2022).

Baca juga: Yamaha Beberkan Kendala Menjual Motor Listrik di Indonesia

2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16. 
Sam Bloxham/LAT/Formula E 2016/2017 FIA Formula E Championship in Monte-Carlo, Monaco, Saturday (13/5/2017). Sebastien Buemi (SUI), Renault e.Dams, Spark-Renault, Renault Z.E 16.

Menurutnya, pengerjaan lintasan ajang balap mobil listrik internasional itu dibagi dalam lima zona.

Zona yang paling menantang adalah zona lima karena merupakan bagian tanah lunak, sepanjang sekitar 1 km. Ari menambahkan, sekitar 40 persen konstruksi sirkuit berada di zona kelima itu.

“Zona lima ini paling sulit dan paling menguras energi dan konsentrasi,” kata Ari.

Baca juga: Senjata Lampu Sorot Bus DAMRI yang Bertugas di Kalimantan

Alat berat di lokasi pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022)KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO Alat berat di lokasi pengerjaan pembangunan sirkuit Formula E Jakarta, Ancol Jakarta Utara, Rabu (23/2/2022)

Seperti diketahui, lintasan Formula E Jakarta memiliki panjang 2,4 km dengan lebar 12 meter. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk memadatkan tanah yang selanjutnya akan diaspal.

Rencananya, Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan, dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.