Warga DKI Jakarta Belum Patuh Ikut Uji Emisi

Kompas.com - 24/02/2022, 15:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat bahwa kendaraan yang telah melakukan uji emisi masih sedikit dibandingkan total volume mobil atau sepeda motor yang beroperasi.

Bahkan berdasarkan data Dinas LH DKI Jakarta, ingkat kepatuhan warga yang berkendara di Jakarta untuk menjalani uji emisi kendaraan bermotor belum mencapai 10 persen.

"Berarti, tingkat kepatuhannya rata-rata itu masih tujuh sampai delapan persen," kata Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas LH DKI Jakarta Tiyana.

Baca juga: Razia Uji Emisi Digelar di 24 Ruas Jalan Jakarta, Tidak Ada Tilang

Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Uji emisi kendaraan roda empat di Depok, Selasa (16/11/2021). Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok memberikan layanan uji emisi kendaraan roda empat secara gratis selama tiga hari ke depan.

Lebih jauh, menurut Tyana, saat ini tercatat 599.975 kendaraan di DKI Jakarta atau 3,33 persen telah menjalani uji emisi. Belum lagi, dari 58 kendaraan yang diuji hanya empat unit saja yang lolos uji.

Padahal, terdapat sebanyak 373 bengkel resmi di Jakarta yang melayani uji emisi kendaraaan.

"Sekarang jumlah bengkel khusus uji emisi telah mencapai 373 lokasi dan masih aktif semua," kata dia.

Baca juga: Begini Cara Mobil Lolos Uji Emisi

Oleh sebab itu, pihak Dinas LH DKI Jakarta terus melakukan tindakan dan sosialisasi atas pentingnya melakukan uji emisi kendaraan bermotor. Tapi memang saat ini bagi yang abai hanya diberikan teguran saja.

"Sanksi itu nantinya berupa teguran dan tilang. Saat ini kita sampaikan kepada masyarakat yang tidak lolos uji emisi dilakukan peneguran dulu," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.