Kompas.com - 24/02/2022, 10:02 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Awal 2022 Astra Honda Motor (AHM) resmi melasir Honda Vario 160. Skutik baru ini dibekali dengan ubahan menyeluruh mulai dari eksterior dan mesin.

Kompas.com sudah me-review Vario 160 saat peluncuran, kemudian menjajalnya sebentar di fasilitas safety riding milik AHM. Kini Kompas.com mengajaknya kencan beberapa hari.

Sebelumnya Kompas.com membahas soal bahasa desain Vario 160 yang tajam. Kini Kompas.com akan membahas fitur dan apa saja perbedaannya dengan Vario 150.

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Fitur pertama ialah semua pencahayaan baik lampu depan belakang dan sein sudah LED, lengkap dengan DRL di bagian depan.

Baca juga: Bisakah Teknik Engine Brake Dilakukan pada Mobil Matik?

Kemudian panelmeter full digital dengan informasi yang cukup lengkap. Panelmeter menunjukkan indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, indikator Smart Key, jam digital, fuel consumption, indikator tegangan baterai, indikator penggantian oli, trip meter, indikator ISS, dan indikator ABS pada tipe ABS.

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Vario 160 sudah mengusung keyless. Pada bagian glove box kiri terdapat colokan USB untuk cas gawai. Glove box ini model tertutup jadi pengendara tak perlu khawatir debu atau air.

Kapasitas bagasi 18 liter. Saat Kompas.com melakukan tes dengan helm open face bagasi tidak dapat menutup sempurna. Tapi jika pakai helm half face bisa menutup sempurna.

Honda meningkatkan kemampuan Vario160 dengan memberikan ban tubeless depan ukuran 100/80-14 dan belakang 120/70-14. Ban lebih lebar membuat kepercayaan diri meningkat saat ingin belok.

Baca juga: Sepatu Jadi Aksesoris Wajib Buat Pengendara Motor

Honda Vario 160Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda Vario 160

Rangka Vario 160 menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Teknologi rangka sebelumnya yang dipakai di Beat, Genio dan Scoopy.

Keunggulan rangka ini ialah lebih ringan api lebih kaku. Keunggulannya membuat pengendalian motor lebih nyaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.